Sun. Sep 25th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Biden Kirim Utusan ke Ethiopia, Sampaikan Keprihatinan Atas Konflik Tigray

1 min read

Jakarta – Presiden AS Joe Biden memerintahkan salah seorang senatornya untuk mengunjungi Ethiopia. Pengiriman utusan itu guna menyampaikan “keprihatinan besar” atas pelanggaran hak asasi manusia di wilayah Tigray.

 

Penasihat Keamanan Nasional Biden, Jake Sullivan, mengatakan senator yang diutus itu ialah Christopher Coons. Dia dijadwalkan akan bertemu dengan Perdana Menteri Ethiopia Abiy Ahmed.

“Coons akan menyampaikan keprihatinan besar Presiden Biden tentang krisis kemanusiaan dan pelanggaran hak asasi manusia di wilayah Tigray dan risiko ketidakstabilan yang lebih luas di Tanduk Afrika,” kata Sullivan, dilansir dari AFP, Jumat (19/3/2021).

“Dia juga akan berkonsultasi dengan Uni Afrika tentang bagaimana memajukan kepentingan bersama di kawasan itu dalam perdamaian dan kemakmura,” lanjutnya.

PM Ethiopia Abiy Ahmed yang memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada 2019 atas upaya rekonsiliasi, meluncurkan kampanye militer pada November setelah menyalahkan partai yang berkuasa di kawasan itu, Front Pembebasan Rakyat Tigray, atas serangan terhadap kamp-kamp militer.Pemerintahan Biden mengutuk keras serangan militer Ethiopia di wilayah tersebut. Awal bulan ini, Menteri Luar Negeri Antony Blinken menggambarkan operasi tersebut sebagai “pembersihan etnis” dan menuntut penyelidikan independen.

Baca juga !