JAKARTA —¬†Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi pertumbuhan awan hujan di sebagian kota besar di Indonesia karena pengaruh bibit siklon tropis 98S di sekitar Samudra Hindia, Barat Daya Banten, Sabtu (23/4/2022). Dilansir dari laman www.bmkg.go.id dilaporkan bibit siklon membentuk daerah konvergensi yang memanjang di Samudra Hindia Barat, Sumatera Barat, hingga Samudra Hindia Barat Daya Banten dan dari perairan Selatan Jawa Timur hingga Samudra Hindia di Barat Daya Banten.

Kondisi tersebut meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis dan di sepanjang daerah konvergensi. BMKG memprakirakan kota besar di Pulau Sumatera, seperti Kota Banda Aceh dan Kota Tanjungpinang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan.

Sedangkan, Kota Medan dan Pekanbaru berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang. Waspadai potensi hujan petir yang diperkirakan terjadi di Kota Pangkalpinang.

Kota Padang dan Palembang juga berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan. Waspadai potensi hujan yang disertai kilat atau petir di Kota Jambi dan Bengkulu. Hujan dengan intensitas lebat diperkirakan terjadi di Kota Bandar Lampung.

Situasi di Pulau Borneo untuk di Kota Banjarmasin cuaca cukup kondusif, tapi diperkirakan berkabut dengan suhu udara berkisar antara 23 hingga 33 derajat celsius. Sedangkan Kota Palangkaraya, Tanjung Selor dan Samarinda diprakirakan akan turun hujan dengan intensitas ringan.

Waspadai potensi hujan dengan intensitas lebat yang diperkirakan terjadi di Kota Pontianak. Beralih ke Pulau Jawa, Kota Serang dan Surabaya diperkirakan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan. Sedangkan Kota Jakarta dan Yogyakarta berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang.

Waspadai potensi hujan petir yang diperkirakan terjadi di Kota Bandung. Cuaca di Kota Semarang diprakirakan cukup kondusif, yaitu berawan.

Sementara, situasi cuaca di Kepulauan Bali dan Nusa Tenggara diperkirakan cerah berawan dengan suhu udara berkisar antara 25 hingga 32 derajat celcius. Tapi hujan diprakirakan mengguyur Kota Mataram dengan intensitas ringan.

Beralih ke Pulau Sulawesi, cuaca untuk Kota Mamuju dan Manado diperkirakan berawan, sedangkan di Kota Makassar, Gorontalo dan Kendari diperkirakan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan. Waspadai potensi hujan yang disertai kilat atau petir di Kota Palu.

Untuk Indonesia timur di Jayapura diprakirakan kondisi cuaca berawan, Kota Ambon berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan. Kota Ternate berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang dan perlu waspadai potensi hujan yang disertai kilat atau petir yang diperkirakan terjadi di Kota Manokwari.