Fri. Oct 7th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Cara Membuat Telur Ceplok yang Tampilannya Cantik, Perhatikan 3 Hal Ini

2 min read

Jakarta –

Membuat telur ceplok alias telur mata sapi terlihat mudah, tapi sebenarnya ada cara membuat telur ceplok yang tampilannya cantik. Kamu perlu memperhatikan tiga hal ini.

Telur menjadi salah satu menu sarapan populer di dunia. Cara memasaknya yang mudah dan bergizi membuatnya menjadi menu yang cocok disantap di pagi hari.

Sayangnya, beberapa olahan telur, terutama telur ceplok memiliki tampilan yang kurang cantik saat dibuat sendiri di rumah. Ternyata ini menandakan ada kesalahan yang dilakukan saat memasak telur.

Sebenarnya, hal ini bisa dihindari dengan beberapa cara yang harus diperhatikan. Penasaran bagaimana caranya?

Berikut ini cara membuat telur ceplok yang tampilannya cantik seperti dikutip dari Southern Living (13/1) :

 

1. Suhu yang Tepat

 

 

 

Fried eggs with tomatoesCara Membuat Telur Ceplok yang Tampilannya Cantik, Perhatikan 3 Hal IniFried eggs with tomatoesCara Membuat Telur Ceplok yang Tampilannya Cantik, Perhatikan 3 Hal Ini Foto: Getty Images/Olivia

 

 

Ketika ingin memasak telur, hindari penggunaan suhu yang terlalu panas atau api yang terlalu besar. Tetapi, memanaskan wajan tetap dibutuhkan untuk menghindari wajan yang lengket.

Solusinya adalah biarkan suhu wajan menurun terlebih dahulu sebelum telur dimasukkan. Kemudian, nyalakan kembali api pada ukuran kecil hingga sedang.

Telur cukup dimasak selama 3-4 menit dengan api sedang. Biarkan putih telur masih lunak dan sedikit berair, ini menjadi telur ceplok yang sempurna karena teksturnya akan masih lembut dan tidak keras.

 

 

2. Jangan Pecahkan Kuning Telur

 

Fried eggs with tomatoesCara Membuat Telur Ceplok yang Tampilannya Cantik, Perhatikan 3 Hal IniFried eggs with tomatoesCara Membuat Telur Ceplok yang Tampilannya Cantik, Perhatikan 3 Hal Ini Foto: Getty Images/Olivia

 

 

Kuning telur yang bulat utuh dengan warna keemasan yang terang mnejadi tanda bahwa telur ceplok buatanmu adalah telur yang sempurna. Kuning telur tidak perlu dipecahkan agar matang merata.

Secara perlahan panas wajan akan masuk melalui bagian bawah. Panas yang masuk perlahan ini kemudian akan membuat kuning telur matang perlahan melalui bagian dalam.

Untuk mendapatkan bulatan kuning telur yang sempurna jangan langsung memecahkan telur di atas wajan. Pecahkan telur secara perlahan pada wadah terpisah, kemudian baru tuangkan telur secara perlahan ke atas wajan.

Tidak ada yang merusak makanan selain wajan yang kurang tepat. Saat ingin memasak telur, harus diingat untuk selalu menggunakan wajan anti lengket.

Jika kamu ingin telur ceplok matang dengan sempurna dan tersaji dengan baik di atas piring, hindari penggunaan wajan yang mungkin lengket. Telur merupakan bahan makanan yang mudah menempel pada wajan jika bukan menggunakan wajan antilengket.

Ukuran wajan juga harus disesuaikan. Jika ingin membuat telur ceplok dengan dua butir telur, pilih wajan dengan ukuran yang lebih besar.

Baca juga !