Fri. Dec 2nd, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Cara Menghapus Aplikasi Default Ponsel Android

2 min read

 Aplikasi Default merupakan aplikasi yang sudah diinstal sebelumnya pada ponsel cerdas kamu dan mungkin tidak diinginkan.

Mereka sering digunakan oleh produsen untuk mendorong aplikasi dan layanan mereka sendiri.

Meskipun sebagian besar bloatware sebenarnya tidak akan melakukan sesuatu yang berbahaya, aplikasi yang tidak diinginkan ini menghabiskan ruang penyimpanan dan sumber daya sistem yang dapat digunakan oleh aplikasi yang sebenarnya ingin digunakan.

Dari sudut pandang keamanan dan privasi, sebaiknya hapus aplikasi default yang tidak digunakan. Bagaimana kamu melakukannya akan tergantung pada ponsel yang digunakan.

Dilansir dari Wired, Minggu (5/9/2021), begini cara menghapus aplikasi default di Android

Aplikasi default adalah masalah yang jauh lebih umum pada ponsel Android karena ada lebih banyak pembuat ponsel yang mengeluarkan perangkat Android.

Cara menghapus aplikasi default di ponsel Android. [Wired]
Cara menghapus aplikasi default di ponsel Android. [Wired]

Dalam beberapa kasus, kamu dapat menemukan selusin aplikasi atau lebih yang sebenarnya tidak diinginkan atau butuhkan (meskipun produsennya sendiri akan tertarik untuk kamu coba).

Untuk menyingkirkan aplikasi apa pun dari ponsel Android, buka Pengaturan dan pilih Aplikasi dan pemberitahuan, lalu Lihat semua aplikasi.

Jika kamu yakin dapat melakukannya tanpa sesuatu, pilih aplikasi lalu pilih Copot pemasangan untuk menghapusnya.

Dalam beberapa kasus, kamu tidak akan dapat menghapus aplikasi sepenuhnya karena cara pabrikan mengintegrasikannya ke dalam versi Android-nya sendiri.

Jika ini masalahnya, cari opsi berlabel Nonaktifkan alih-alih Copot pemasangan—ini setidaknya akan mencegah aplikasi berjalan, menggunakan sumber daya sistem vital, dan menghalangi kamu.

Prosesnya mungkin sedikit berbeda tergantung pada merek dan model ponsel dan versi Android yang dijalankan.

Tapi jika menuju ke aplikasi Pengaturan utama, kamu seharusnya dapat menghapus atau menonaktifkan aplikasi dengan cukup mudah, sehingga ponsel bisa lebih “ringan”.

Ponsel Android. [Denny Müller/Unsplash]
Ponsel Android. [Denny Müller/Unsplash]

Seperti yang telah kami katakan, beberapa pembuat ponsel Android akan menginstal aplikasi yang tidak dapat dihapus melalui metode biasa.