Mon. Jan 30th, 2023

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

China Janji Sediakan 2 Miliar Dosis Vaksin Corona untuk Dunia Tahun Ini

2 min read

Jakarta –

Presiden China Xi Jinping berjanji bahwa negaranya akan “berusaha menyediakan” dua miliar dosis vaksin COVID-19 untuk dunia tahun ini. China juga akan menyumbang senilai US$ 100 juta untuk sistem distribusi vaksin internasional yang dikenal sebagai Covax.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Jumat (6/8/2021), janji itu disampaikan dalam pesan tertulis oleh Xi saat forum video tentang kerja sama vaksin, seiring China memerangi wabah baru virus Corona yang dipicu oleh varian Delta yang sangat menular.

Varian Delta sekarang telah terdeteksi di beberapa bagian China, mendorong pengujian massal dan menyebabkan angka kasus harian mencapai level tertinggi dalam beberapa bulan.

“Sepanjang tahun ini, China akan berusaha untuk menyediakan dua miliar dosis vaksin untuk dunia,” kata Xi dalam sambutannya yang dilaporkan oleh media pemerintah China, CCTV.

Xi Jinping mengatakan, China juga telah berjanji untuk menyumbangkan US$ 100 juta kepada Covax, untuk distribusi vaksin ke negara-negara berkembang.

Pengumuman itu muncul beberapa minggu setelah Xi menjanjikan bantuan US$ 3 miliar kepada negara-negara berkembang untuk memerangi COVID-19. Janji itu disampaikan dalam pertemuan online darurat para kepala negara APEC yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dana tersebut ditujukan untuk membantu negara-negara berkembang pulih dari dampak sosial dan ekonomi akibat virus Corona.

Pekan lalu, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan China telah menyediakan lebih dari 700 juta dosis vaksin Corona untuk negara-negara lain sejak awal tahun ini.

Janji terbaru Xi Jinping ini disampaikan menyusul pengumuman Presiden Joe Biden bahwa Amerika Serikat telah menyumbangkan lebih dari 100 juta dosis vaksin COVID-19 ke luar negeri.

Mulai akhir bulan ini, Washington juga akan mulai mengirimkan tambahan 500 juta dosis vaksin Pfizer yang telah dijanjikannya ke 100 negara berpenghasilan rendah.

Baca juga !