Thu. Dec 1st, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Covid-19 Mengganas, Luhut Ngaku Pemerintah Dapat Bantuan dari China sampai AS

1 min read

 Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintah sudah menerima sejumlah bantuan internasional untuk penanganan Covid-19.

Luhut mengungkapkan bantuan sudah dan akan datang dari enam negara, antara lain Jepang, Singapura, Uni Emirat Arab, China, Australia, dan Amerika Serikat.

“Mereka sudah jalan dari Singapura, United Emirat Arab saya sudah bicara dengan menterinya, juga dari Tiongkok, Australia,” kata Luhut dalam jumpa pers virtual, Kamis (15/7/2021).

Dalam paparannya, Luhut menyebut Jepang sudah membantu 998 ribu dosis vaksin AstraZeneca; Singapura membantu ventilator, oksigen, hingga masker; UEA sudah membantu oksigen hingga 250 ribu dosis Vaksin Sinopharm; China membantu oksigen hingga masker; Australia mengirim ventilator, dan AS membantu 4,5 vaksin Moderna.

Selain itu, pemerintah juga mendapat bantuan dari dalam negeri, beberapa produk medis lokal juga dimanfaatkan untuk penanganan pandemi Covid-19.

“Lokal produk kita sendiri pun sudah ada yang membuat ventilator dan itu kita gunakan, termasuk tadi oksigen konsentrator, juga teman-teman yang di Jogja itu sudah buat, kita dorong juga, jadi sekaligus memangun industri dalam negeri,” ucapnya.

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI itu menyebut semua bantuan ini akan disebar ke daerah yang terjadi lonjakan covid-19.

“Itu semua akan kita sebar ke semua rumah sakit di Indonesia, sehingga BOR kita yang tadinya 1:1000, dengan ini kita bisa 1,6:1000, artinya faskes kita akan makin baik,” ucapnya.

Diketahui, pandemi COVID-19 telah menginfeksi 2.670.046 orang Indonesia, kini masih terdapat 443.473 kasus aktif, 2.157.363 orang sudah dinyatakan sembuh, dan 69.210 jiwa meninggal dunia.

Baca juga !