Wed. Nov 30th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Dirilis! Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro Harganya Mulai Rp 8 Jutaan Spesifikasinya Keren

5 min read

Penantian akhirnya selesai dengan Google meresmikan peluncuran Pixel 6 dan Pixel 6 Pro yang disebutkan menyanggah beberapa rumor berkembang.

Pixel Fall Launch sebenernya adalah pengumuman resmi kedua setelah perusahaan memamerkan kedua ponsel pada Agustus lalu, dilansir laman Phone Arena, Rabu (20/10/2021).

Pixel 6 dan Pixel 6 Pro, hadir dengan desain baru, chip Tensor yang dibuat khusus, sistem kamera yang ditingkatkan, baterai yang lebih besar, fitur perangkat lunak yang hebat, dan label harga yang lumayan.

Desain – Bilah Kamera

Desain Pixel 6 dan saudara kandungnya boleh disebut paling radikal dari filosofi desain Google dalam beberapa tahun terakhir.

Tidak ada yang baru di sini karena Google telah memamerkannya pada Agustus lalu.

Google Pixel 6. [YouTube/Made by Google]
Google Pixel 6. [YouTube/Made by Google]

Kali ini, Google telah menggunakan desain sandwich kaca, meninggalkan aluminium berlapis polikarbonat dari Pixel 5.

Pixel 6 dan Pixel 6 Pro menggunakan bingkai logam yang diapit oleh kaca Gorilla Victus. Terbuat dari aluminium yang dipoles pada Pixel 6 dan aluminium matte pada Pixel 6 Pro.

Kamera selfie diposisikan di tengah pada kedua model, tetapi Pixel 6 Pro memiliki layar melengkung dengan bezel lebih tipis daripada yang biasa ditemukan pada Pixel 6 biasa.

Perubahan terbesar dapat ditemukan di bagian belakang kedua perangkat.

Google telah memilih desain tiga nada dan strip kamera panjang yang membentang di bagian belakang perangkat. Google menyebutnya Bilah Kamera.

Strip kamera berwarna hitam, ditempatkan di dalam wadah logam dan mengikuti lengkungan ponsel saat mencapai samping.

Di bawah strip kamera, ada aksen warna utama ponsel, bagian belakang diwarnai dengan warna pastel dengan logo G di tengahnya.

Di atas strip terdapat elemen kecil yang menonjolkan warna utama dengan cara yang lebih hidup dan cerah.

Display

Google memasuki wilayah tampilan kecepatan refresh tinggi LTPO dengan seri Pixel 6 baru. Pixel 6 Pro menampilkan Layar Halus 6,7 inci yang ditempatkan di bawah selembar Gorilla Glass Victus.

Google Pixel 6. [YouTube/Made by Google]
Google Pixel 6. [YouTube/Made by Google]

Memiliki resolusi QHD+ dengan teknologi kecepatan refresh variabel LTPO yang disebutkan di atas, mampu melaju hingga 120Hz untuk pengguliran paling halus dan turun hingga 10Hz, bila memungkinkan untuk menghemat baterai.

Pixel 6 dilengkapi dengan Layar Halus 6,4 inci dengan resolusi FHD+ dan kecepatan refresh 90Hz.
Smooth Display menggunakan teknologi AI untuk secara otomatis menyesuaikan berbagai parameter dan mengoptimalkan pengalaman menonton dan kinerja baterai terbaik.

Ada sensor sidik jari di bawah layar di Pixel 6 dan Pixel 6 Pro, dan kedua ponsel diberi peringkat IP68.

Salah satu fitur paling menarik dari jajaran Pixel 6 baru adalah chip Tensor yang dibuat khusus.

Ini adalah langkah berani dari Google, dalam bersaing dengan Snapdragon.

Google menjanjikan kinerja 80 persen lebih baik dibandingkan Pixel 5 generasi sebelumnya dan ini berlaku untuk kedua perangkat untuk CPU dan kinerja GPU hingga 370 persen lebih baik.

Pixel 6 dan Pixel 6 Pro keduanya menggunakan chip Tensor kustom yang sama dengan prosesor gambar kustom tambahan dan chip keamanan Titan M2.

Tensor Chip. [YouTube/Made by Google]
Tensor Chip. [YouTube/Made by Google]

“Google Tensor adalah inovasi perangkat keras seluler terbesar dalam sejarah perusahaan. Ini adalah puncak dari investasi bertahun-tahun dalam AI, dan pengalaman mendalam Google dalam silikon.”
kata Google’s head of hardware, Rick Osterloh di sela acara.

Spesifikasi Google Pixel 6 sekilas:

  • Layar: 6,4 inci, 1080p, OLED, kecepatan refresh 90Hz
  • Chip: Chip Tensor 2x 2,8 GHz X1, 2×2,25 GHz A78, dan 4×1,8 GHz A55 core
  • GPU ARM Mali-G78
  • Memori: 8GB
  • Penyimpanan: 128GB / 256GB
  • Baterai: 4.614mAh
  • Kamera belakang: lebar 50MP, ultra lebar 12MP
Google Pixel 6. [YouTube/Made by Google]
Google Pixel 6. [YouTube/Made by Google]

Sekilas spesifikasi Google Pixel 6 Pro:

  • Layar: 6,7 inci, 1440p, LTPO OLED, kecepatan refresh variabel 120Hz-10Hz
  • Chip: Chip Tensor 2x 2,8 GHz X1, 2×2,25 GHz A78, dan 4×1,8 GHz A55 core
  • GPU ARM Mali-G78
  • Memori: 12GB
  • Penyimpanan: 128GB / 256GB / 512GB
  • Baterai: 5.003mAh
  • Kamera belakang: lebar 50MP, ultra lebar 12MP, telefoto periskop 48MP dengan zoom optik 4x
Google Pixel 6 Pro. [YouTube/Made by Google]
Google Pixel 6 Pro. [YouTube/Made by Google]

Kamera

Google telah meningkatkan kamera di ponsel Pixel 6 baru, memilih sensor besar 50MP 1/1.3 inci untuk kamera utama di kedua perangkat, yang mampu menangkap lebih banyak detail, warna, dan hingga 150 persen lebih banyak cahaya, dibandingkan dengan generasi sebelumnya untuk foto Night Sight yang lebih baik.

Kamera ultra lebar juga telah ditingkatkan, untuk menawarkan sudut yang lebih lebar dan menangkap lebih banyak dunia luar dalam bingkai.\

Pixel 6 Pro hadir dengan kamera ekstra dan sistem periskop 48MP yang mampu melakukan 4x optical zoom dan hingga 20x zoom dalam mode Google Super Res. Chip Tensor baru juga memungkinkan video 4K HDR@60fps.

Ada juga beberapa fitur rapi untuk memperluas cakrawala fotografi. Alat pintar seperti Magic Eraser baru, Face Ublurr, Portrait Mode, dan Motion Mode dimasukkan ke dalam aplikasi kamera Pixel 6 dan Pixel 6 Pro baru untuk membantu kamu mengambil bidikan yang sempurna.

Fitur Magic Eraser cukup menarik. Ini adalah retoucher yang menghapus objek yang tidak diinginkan dari foto kamu, seperti orang asing yang tidak diinginkan atau kendaraan atau bangunan yang tidak seharusnya ada dalam bingkai.

Google Pixel 6. [YouTube/Made by Google]
Google Pixel 6. [YouTube/Made by Google]

Face Ublur menggunakan algoritme pintar untuk mempertajam wajah jika kamu gagal fokus pada waktu, dan Mode Gerak menumpuk beberapa bingkai untuk menambahkan kedalaman tambahan pada foto yang diambil dan menganimasikannya.

Perangkat lunak dan fitur

Google meluncurkan Pixel 6 dan Pixel 6 Pro baru dengan Android 12 di dalamnya.

Filosofi desain Material You berakar kuat pada perangkat baru.

Ini tercermin dalam cara wallpaper dapat mengubah tampilan keseluruhan antarmuka Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

Jika perlu mempersonalisasi Pixel kamu, yang harus dilakukan adalah memilih wallpaper pilihanmu dan sistem akan menyesuaikan semua elemen antarmuka yang sesuai.

Ada lebih banyak perangkat lunak baru dari sekadar permen mata. Seluruh sistem belajar dari pengguna dan beradaptasi menjadi seefektif dan seefisien mungkin.

Sekilas, misalnya, menampilkan aplikasi dan informasi dalam konteks di mana kamu berada dan apa yang dilakukan.

Fitur terjemahan waktu nyata telah dimasukkan ke kedua perangkat dan dapat menerjemahkan obrolan, teks podcast, dan gambar ke hingga 55 bahasa.

Dan yang paling penting, fitur tersebut merupakan bagian dari algoritma pemrosesan internal dan akan bekerja bahkan tanpa koneksi internet.

Google Pixel 6. [YouTube/Made by Google]
Google Pixel 6. [YouTube/Made by Google]

Ada juga fitur Jenis Suara baru yang memungkinkan kamu mendiktekan pesan teks dengan sangat akurat.

Keamanan

Privasi dan keamanan telah menjadi topik hangat di industri teknologi seluler dalam beberapa bulan terakhir. Dengan Pixel baru, Google mencoba mengatasi kedua masalah tersebut.

Ada inti keamanan Tensor baru, dan chip keamanan Titan M2 dimasukkan ke dalam SoC Tensor yang menangani informasi sensitif seperti sandi dan kunci 2FA.

Fitur bermanfaat lainnya adalah Hub Keamanan, ini memungkinkan pengguna melihat sekilas semua pengaturan keamanan dan memberikan rekomendasi mana yang harus diaktifkan dan bagaimana meningkatkan keamanan kamu.

Transparansi adalah area kunci lain yang dimasukkan ke dalam perangkat baru. Dengan Pixel 6 dan Pixel 6 Pro, orang akan dapat mengontrol aplikasi mana yang menggunakan mikrofon dan kamera ponsel mereka dan mematikannya jika perlu.Siklus pembaruan keamanan juga telah diperbarui. Setiap pengguna Pixel 6 akan mendapatkan pembaruan keamanan selama lima tahun.

Harga dan tanggal rilis

Setelah banyak spekulasi tentang harga Pixel baru, kami memiliki angka resmi dan itu cukup menarik. Pixel 6 baru mulai dari seharga 599 dolar AS atau sekitar Rp 8,45 juta dan Pixel 6 Pro seharga 899 dolar AS atau senilai Rp 12,68 juta.

Ponsel akan tersedia di dengan semua operator utama Amerika Serikat (AS) mulai 28 Oktober mendatang dan belum ada informasi jika Pixel 6 dan Pixel 6 Pro masuk ke pasar Asia.