Tue. Dec 6th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Donasi Rp2,8 Triliun, Nama Jeff Bezos Diabadikan Selama 50 Tahun di Museum

2 min read

Jakarta -Nama Jeff Bezos akan diabadikan setidaknya selama 50 tahun mendatang di gedung baru Museum Dirgantara dan Luar Angkasa Nasional Smithsonian.

Hal ini terjadi setelah mantan CEO Amazon itu memberikan donasi fantastis sebesar US$200 juta atau sekitar Rp2,8 triliun lebih kepada museum di Amerika Serikat itu.

Rencana pembangunan Pusat Pembelajaran Bezos senilai US$ 130 juta atau Rp1,8 triliun diumumkan musim panas lalu, setelah pendiri Amazon itu memberikan sumbangan terbesar sejak museum didirikan hampir 180 tahun yang lalu.

Sementara dana US$70 juta atau sekitar Rp1 triliun dari Bezos dialokasikan untuk Museum Dirgantara dan Luar Angkasa Nasional di ibu kota Washington D.C.

Nama Bezos pun akan terpampang di situs pusat pembelajaran yang belum dibangun serta di tempat lain di Smithsonian Institution.

Pemberian hak penamaan telah disetujui oleh dewan museum Smithsonian, yang anggotanya termasuk Wakil Presiden Kamala Harris, Ketua Mahkamah Agung John Roberts serta beberapa senator AS dan perwakilan DPR.

Juru bicara Smithsonian mengatakan kepada The Post bahwa Bezos tidak membuat tuntutan “seputar hak penamaan.”“Ini semua adalah kesepakatan standar yang dibuat untuk donasi sebesar ini,” katanya.

Fasilitas baru ini rencananya akan dibangun di sisi timur alun-alun museum di lokasi andalannya di National Mall. Bangunan itu akan didirikan di lokasi restoran museum yang ada dan dijadwalkan untuk dibongkar.

Pusat pembelajaran di Amerika Serikat ini akan menampilkan program dan kegiatan yang menginspirasi siswa untuk mengejar inovasi dan mengeksplorasi karir di bidang STEAM (sains, teknologi, teknik, seni dan matematika).

Nama Bezos akan digunakan oleh Smithsonian “segera” terlepas dari kenyataan bahwa pusat pembelajaran tidak akan sepenuhnya dibangun “untuk beberapa waktu,” sesuai dengan perjanjian hadiah.

Smithsonian, sebuah organisasi nirlaba yang dibuat oleh pemerintah federal dan sebagian besar didanai oleh pembayar pajak, dinamai atas ilmuwan Inggris, James Smithson.

Ia mengumpulkan banyak uang dan mewariskannya kepada ahli warisnya dengan syarat bahwa mereka menggunakan sebagian uang itu untuk mendirikan museum.

Selain Bezos, pesohor lain juga memperoleh kehormatan ini setelah mendonasikan sejumlah besar uang mereka.

Salah satunya adalah ratu acara bincang-bincang televisi Amerika Serikat, Oprah Winfrey. Ia menyumbangkan US$12 juta atau Rp172,6 miliar ke Museum Nasional Sejarah Afrika Amerika Smithsonian – yang membawahi Teater Oprah Winfrey.

Baca juga !