Sat. Feb 4th, 2023

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Dua Pilot Air France Diskors Karena Berkelahi di Kokpit

2 min read

 PARIS —  Dua pilot Air France diskors setelah berkelahi secara fisik di kokpit dalam penerbangan Jenewa-Paris pada Juni. Seorang pejabat Air France pada Ahad (28/8/2022) mengatakan, ketika itu penerbangan berlanjut dan mendarat dengan selamat.

Surat kabar Swiss, La Tribune melaporkan, pilot dan co-pilot berselisih tak lama setelah lepas landas. Mereka mencengkeram kerah satu sama lain, setelah salah satunya melakukan pemukulan. Awak kabin ikut meleraikan mereka, dan satu anggota awak kabin duduk di kokpit selama penerbangan untuk mengawasi para pilot.

Berita tentang perkelahian itu muncul setelah badan investigasi udara Prancis, BEA, mengeluarkan laporan pada Rabu (24/8/2022) yang mengatakan, beberapa pilot Air France kurang teliti dalam menghormati prosedur selama insiden keselamatan.

Pernyataan BEA ini berfokus pada kebocoran bahan bakar dalam penerbangan Air France dari Brazzaville di Republik Kongo ke Paris pada Desember 2020. Ketika itu pilot mengalihkan rute pesawat, tetapi tidak mematikan daya mesin atau mendarat sesegera mungkin sesuai prosedur kebocoran.  Pesawat berhasil mendarat dengan selamat di Chad, tetapi laporan BEA memperingatkan bahwa mesin bisa saja terbakar.

BEA menyebutkan tiga kasus serupa antara 2017 dan 2022. BEA mengatakan, beberapa pilot bertindak berdasarkan analisis situasi mereka sendiri dan tidak bertindak sesuai protokol keselamatan.

Sebagai tanggapan atas keputusan BEA, Air France mengatakan sedang melakukan audit keselamatan. Air France berjanji akan mengikuti rekomendasi BEA, yang mencakup mengizinkan pilot untuk mempelajari penerbangan mereka dan membuat manual pelatihan lebih ketat yang berpegang teguh pada prosedur.

Air France mencatat bahwa, mereka menerbangkan ribuan penerbangan setiap hari. Sementara Air France hanya mengalami empat insiden keselamatan.

Serikat pilot Air France bersikeras, keamanan adalah yang terpenting bagi semua pilot. Mereka membela tindakan pilot selama situasi darurat. BEA juga menyelidiki insiden yang melibatkan penerbangan Air France dari bandara JFK New York yang mengalami masalah kontrol penerbangan saat mendekati pendaratannya di Paris pada April lalu.

Baca juga !