Thu. Oct 6th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Duterte Mundur dari Politik, Putrinya Kini Menatap Pemilu Filipina

2 min read

Manila – Putri Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Sara Duterte-Carpio akan mencalonkan diri sebagai presiden dalam pemilihan tahun depan. Kabar ini menyusul pengumuman mengejutkan dari Duterte bahwa dirinya akan pensiun dari politik.
Seperti dilansir Reuters, Minggu (3/10/2021) dalam laporan ABS-CBN, Sara akan didampingi ajudan lama Duterte, Senator Christopher “Bong” Go sebagai calon wakil Presiden Filipina. Sementara itu, saat ini Sara Duterte-Carpio menjabat sebagai wali kota Davao, kota terbesar ketiga di Filipina.

Laporan ABS-CBN didasarkan wawancara seorang jurnalis dan Dutertete pasca mengumumkan akan pensiun dari politik.

“Jadi sudah jelas, Sara-Go?” tanya jurnalis pada Duterte.

“Ini Sara-Go,” kata Duterte sebagai tanggapan.

Saat ini Sara-Go belum menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

ABS-CBN mengatakan telah memperoleh izin dari jurnalis tersebut untuk menampilkan video Duterte saat di luar sebuah hotel di Manila, tempat pendaftaran kandidat berlangsung. Di video tersebut, Duterte juga ditanya soal kapan putrinya akan mengajukan pencalonannya sebagai presiden.

“Saya benar-benar tidak tahu. Saya tidak tahu sama sekali” kata Duterte.

Ditanya apakah dia telah memberikan izin kepada putrinya untuk mencalonkan diri sebagai presiden, Duterte berkata: “Ah, tidak, sebenarnya kami tidak berbicara tentang politik, kami tidak pernah berbicara tentang politik. Saya akan mengatakan bahwa itu untuk yang lebih baik,” kata Duterte.

Sebelumnya Duterte menyampaikan dirinya akan pensiun dari politik pada Sabtu (2/10). Dia juga mengatakan tak akan mencalonkan diri pada bursa wakil presiden pada 2022 mendatang.

“Sentimen yang luar biasa dari orang-orang Filipina adalah bahwa saya tidak memenuhi syarat dan merupakan pelanggaran konstitusi untuk menghindari hukum, semangat konstitusi jika mencalonkan diri sebagai wakil presiden,” kata Duterte seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (2/10/2021).

“Hari ini saya mengumumkan pengunduran diri saya dari politik,” imbuhnya.

Baca juga !