Sun. Dec 4th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Finlandia Mulai Pertimbangkan Gabung NATO karena Khawatir Bernasib seperti Ukraina

1 min read

Salah satu negara yang memiliki sejarah panjang dengan Rusia, Finlandia, mempertimbangkan bergabung dengan NATO setelah melihat situasi Ukraina.

Dalam beberapa dekade, Finlandia menolak memihak maupun menentang Rusia.

Namun, dengan adanya invasi Moskow ke Ukraina, kebijakan netral negara Nordik yang berbatasan 1.340 km dengan Rusia itu mulai berbalik.

Pada Kamis (10/3/2022), Presiden Finlandia Sauli Niinisto mengatakan, akan meninjau kebijakan keamanannya untuk memutuskan apakah akan bergabung dengan NATO.

“Ketika alternatif dan risiko telah dianalisis, maka inilah saatnya untuk kesimpulan,” kata Niinisto.

Rabu (9/3/2022) sebelumnya, Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin mengatakan diskusi kemungkinan menjadi anggota NATO harus dilakukan di beberapa tingkatan.

Sementara itu, jajak pendapat baru-baru ini menemukan 53 persen warga Finlandia mendukung bergabung dengan NATO, naik dari 19 persen pada lima tahun lalu.

Selain itu, petisi untuk mengadakan referendum tentang tawaran bergabung NATO mengumpulkan 50.000 tanda tangan, yang mana bisa dilanjutkan ke tingkat parlemen.

“Sebelum (krisis Ukraina), saya tidak ingin harus memilih antara Timur dan Barat,” ujar Joonas, pembuat bir berusia 30 tahun dari Helsinki, dikutip dari Al Jazeera.

Baca juga !