Tue. Nov 29th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Future City Forum 2021 upaya membangun ekonomi digital dan keberlanjutan

2 min read

JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Negara Bagian Berlin berkerjasama dalam membangun perkotaan terintegrasi.  Program keduanya yang disebut smart change ini mendapat dukungan dana dari Uni Eropa bertujuan menjalankan pembangunan berkelanjutan dengan mempercepat transformasi digital dan program transformasi Smart City 4.0 di Jakarta.

Nah, salah satu bagian dari kerjasama mereka adalah diselenggarakannya Jakarta Future City Forum 2021. Acara ini dibentuk untuk membangun koneksi dan mencari solusi baru dalam ekosistem kewirausahaan. Future City Forum 2021 ini dilaksanakan juga bekerja sama dengan Prasetia Dwidharma & Dwidharma Media, perusahaan: kontraktor telekomunikasi dan infrastruktur, teknologi informasi dan komunikasi, outsourcing proses bisnis, dan investasi.

Jakarta Forum City ini mencari peluang menarik bagi yang ingin membangun koneksi dan menambah wawasan akan solusi baru dalam ekosistem kewirausahaan melalui beberapa presentasi karya, gelar wicara, dan demo day. Acara yang diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 7 Desember hingga 9 Desember.

Di hari pertama, forum secara khusus berfokus pada Jakarta sebagai lokasi inovasi dan penciptaan lapangan kerja. Peluncuran gelombang pertama Future City Accelerators akan memberdayakan pengusaha, bisnis, dan lembaga pemerintah untuk menavigasi kemitraan publik-swasta di sektor perawatan kesehatan selama pandemi. Di hari kedua adalah membicarakan showcase dan gelar wicara hasil studi yang dilakukan tentang ekosistem kewirausahaan di Jakarta. Di hari ketiga, ada Demo Day dan Closing Ceremony dari Program Designer Lab, sebuah kegiatan Smart Change yang baru saja diluncurkan pada September 2021.

Hasil dari acara ini memang akan menambah kepercayaan diri dari Jakarta untuk mengembangkan smart city.   “Bicara tentang Jakarta Smart City artinya bicara tentang bagaimana kita membangun ekosistem dengan kolaborasi melalui keterlibatan dengan berbagai pemangku kepentingan. Melalui Jakarta Future City Hub kami berencana untuk membangun laboratorium hidup (living lab), ruang inovasi dan teknologi guna memberikan dampak langsung kepada masyarakat, termasuk untuk meningkatkan kualitas hidupnya.” ujar Yudhistira Nugraha D. Phil, Direktur Jakarta Smart City, dalam keterangannya.

Rainer Seider, Kepala Unit Perdagangan Luar Negeri, Kebijakan Ekonomi Eropa, Kerjasama Pembangunan di Senat Berlin Departemen Ekonomi, Energi dan Perusahaan Umum menyampaikan apresiasinya untuk acara ini.  “Proposisi nilai utama kami untuk Jakarta Future City Hub adalah menghadirkan tantangan Smart City dan peluang kolaborasi internasional untuk para Startup,” ujarnya.

Baca juga !