Thu. Dec 1st, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

GoTo IPO, Airlangga Berharap Banyak Perusahaan Teknologi Go Public

2 min read

Jakarta – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo) resmi melantai atau initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia pada hari ini, Senin, 11 April 2022. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang hadir dalam acara itu, berharap akan banyak lagi perusahaan teknologi yang go public atau mencatatkan saham di BEI.

“Kami berharap bahwa masih banyak IPO-IPO lain yang juga di sektor teknologi,” kata Airlangga dalam IPO GoTo, Senin, 11 April 2022.

Dia menuturkan nilai ekonomi digital di Indonesia tertinggi di Asia Tenggara. Di mana pada 2021 nilai ekonomi digital di Indonesia sekitar USD 70 miliar dan diperkirakan di 2025 mencapai US$ 146 miliar. Nilai itu, dia perkirakan akan terus meningkat.

“Diharapkan jumlah start up terus meningkat dan hari ini GoTo go public dengan market cap sekitar Rp 400 triliun, ini langsung melonjak mungkin di antara kapitalisasi nomor empat se-Indonesia,” ujar Airlangga.

Dia juga mengapresiasi Otortitas Jasa Keuangan atau OJK membuat terobosan yang memungkinkan perusahaan-perusahaan digital untuk masuk. Menurutnya, hal ini menjadi tanda bahwa IPO perusahaan teknologi atau start up tidak perlu di luar negeri lagi.

“Tahap awalnya bisa di Indonesia dan setelahnya silakan pergi ke mancanegara,” kata Airlangga.

Adapun harga penjualan saham IPO GoTo ditetapkan di angka Rp 338 per saham, yang mencerminkan kapitalisasi pasar diperkirakan mencapai Rp 400,3 triliun (US$ 28 miliar). Perseroan menawarkan 46,7 miliar saham baru Seri A, yang terdiri antara saham baru yang diterbitkan dan saham treasury dengan harga IPO tersebut.

Dengan begitu total dana yang diperoleh GoTo sebesar Rp 15,8 triliun. Masa penawaran umum saham telah berlangsung mulai 1 – 7 April 2022 dan pencatatan di Papan Utama BEI dengan kode saham GOTO dijadwalkan pada Senin, 11 April 2022.

Pada awal dibuka atau pukul 09.01, saham GoTo menguat di level 400. Nilai itu meningkat 18,34 persen dibandingkan harga yang ditawarkan di level Rp 388 per saham.

Baca juga !