Mon. Nov 28th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Guinea Izinkan Mantan Presiden Alpha Conde Periksa Kesehatan ke Luar Negeri

1 min read

Jakarta – Pemerintah Guinea pada Jumat, 31 Desember 2021, memutuskan mengizinkan mantan Presiden Guinea Alpha Conde meninggalkan negara itu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan (medical check-up). Guinea saat ini dipimpin oleh pemerintahan militer atau National Rally and Development Committee (CNRD).

Tidak dijelaskan apakah mantan Presiden Conde mengalami sakit tertentu. tidak disebutkan pula negara mana yang akan dituju Conde untuk menjalani medical check-up.

Mantan Presiden Conde dikudeta pada September 2021 lalu oleh militer Guinea. CNRD mengatakan Conde tidak boleh berada di luar negeri selama lebih dari sebulan.

Conde, 83 tahun, berkuasa di Guinea sejak 2010. Dia ditahan oleh CNRD setelah digulingkan atas tuduhan kemiskinan dan korupsi endemik.

Negara-negara tetangga Guinea dan mitra-mitra negara itu di luar negeri, mengutuk kudeta militer terhadap Conde. Kudeta terhadap Conde telah mengarah penangguhan dari Uni Afrika dan Economic Community of West African States (ECOWAS), yakni sebuah organisasi di kawasan yangt terdiri dari 15 negara di Afrika.

Baca juga !