Wed. Nov 30th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Harga Batu Bara Indonesia Naik Efek Krisis Listrik India dan Permintaan Eropa

1 min read

 Harga Batu Bara Acuan (HBA) Indonesia naik 17% atau US$ 48,27 menjadi US$ 323,91 per ton pada Juni 2022 menyusul krisis energi yang kini terjadi di India.

Negara yang belakangan mengundang kemarahan negara Arab akibat politisi yang hina Nabi Muhammad itu kini memang tengah menambah impor batu bara guna memenuhi kebutuhan listrik dalam negeri.

Disampaikan oleh Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM, Agung Pribadi, tidak hanya India, kebutuhan tinggi Tiongkok juga jadi faktor kenaikan HBA.

“Permintaan mereka juga naik lantaranPLTU di sana mulai menumpuk stok batu bara untuk musim gugur. Apalagi adanya kebijakan penghapusan pajak impor batu bara di Tiongkok selama 9 bulan ke depan,” ujar Agung dalam keterangan resminya.

Ditambah lagi, sejumlah negara di Eropa dilaporkan kembali berminat impor batu bara usai keputusan sanksi terhadap Rusia.

Agung menjelaskan, dalam enam bulan terakhir, grafik HBA terus menanjak dari US$ 158,50/ton, naik ke US$ 188,38/ton di bulan Februari.

“HBA Juni ini akan digunakan secara langsung dalam jual beli komoditas batu bara (spot) selama satu bulan pada titik serah penjualan secara Free on Board di atas kapal pengangkut (FOB Veseel),” jelas Agung

Baca juga !