Sat. Dec 10th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Hari Ini Pemilu Brasil, Bolsonaro dan Lula Sama-Sama Kuat

2 min read

TEMPO.COJakarta –  Warga Brasil hari ini, Minggu, 30 Oktober 2022, memilih presiden dalam pemilu paling menegangkan. Dua calon yang maju adalah petahana Jair Bolsonaro dari sayap kanan atau mengembalikan mantan Presiden sayap kiri Luiz Inacio Lula da Silva ke kursi kepresidenan.

Bolsonaro bersumpah untuk mengkonsolidasikan perubahan konservatif tajam dalam politik Brasil setelah masa jabatannya dirusak oleh pandemi. Lula menjanjikan lebih banyak tanggung jawab sosial dan lingkungan, mengingat meningkatnya kemakmuran kepresidenannya 2003-2010, sebelum skandal korupsi menodai Partai Buruhnya.

Sekitar 120 juta pemilih akan memasukkan pilihan mereka ke dalam mesin pemungutan suara elektronik yang telah dikritik Bolsonaro tanpa bukti sebagai rawan penipuan, meningkatkan kekhawatiran bahwa dia mungkin tidak akan mengakui kekalahan, mengikuti contoh sekutu ideologisnya, mantan Presiden AS Donald Trump.

Hal itu menambah ketegangan dalam pemilihan paling panas di Brasil sejak kembalinya demokrasi pada 1985 setelah kediktatoran militer yang ditentang oleh Lula, mantan pemimpin serikat pekerja dan Bolsonaro, mantan kapten tentara.

Beberapa jajak pendapat menunjukkan persaingan di antara mereka semakin ketat di minggu terakhir, dengan Bolsonaro mengikis sedikit keunggulan Lula. Yang lain menunjukkan keuntungan kecil tapi mantap untuk Lula.

Bolsonaro mengungguli jajak pendapat dalam putaran pertama pemungutan suara pada 2 Oktober di antara 11 kandidat. Lembaga survei mengatakan mereka mengkalibrasi ulang metode mereka berdasarkan hasil itu, tetapi sebagian besar analis masih mengatakan pemilihan hari Minggu bisa berjalan baik.

Kemenangan bagi Lula akan menandai kebangkitan menakjubkan bagi pemimpin sayap kiri itu, yang dipenjara pada 2018 selama 19 bulan atas tuduhan suap yang dibatalkan Mahkamah Agung tahun lalu, membuka jalan baginya untuk mencari masa jabatan presiden ketiga.

Lula telah bersumpah untuk mengembalikan pertumbuhan ekonomi yang didorong oleh negara dan kebijakan sosial untuk membantu mengangkat jutaan orang keluar dari kemiskinan selama ledakan komoditas ketika ia pertama kali memerintah Brasil.

Dia juga bersumpah untuk memerangi perusakan hutan hujan Amazon, yang sekarang mencapai puncaknya dalam 15 tahun, dan menjadikan Brasil sebagai pemimpin dalam pembicaraan iklim global.

Masa jabatan kedua Bolsonaro akan membuat Brasil tetap berada di jalur reformasi pasar bebas dan perlindungan lingkungan yang lebih longgar, sambil memperkuat koalisi partai sayap kanan dan kepentingan pertanian yang kuat.

Baca juga !