Mon. Dec 5th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Herry Wirawan Gunakan Bantuan Kemenag untuk Kepentingan Pribadi

2 min read

Bandung: Terdakwa kasus rudakpaksa terhadap 13 santriwati, Herry Wirawan, 36, diduga menyalahgunakan bantuan sosial (Bansos) yang diterima yayasannya. Hal itu terungkap dalam lanjutan persidangan Herry Wirawan, Pengadilan Negeri (PN) Bandung, pekan lalu.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Barat (Jabar) Asep N Mulyana di Bandung Senin, 27 Desember mengatakan, siswa di yayasan milik Herry diajukan dan mendapat bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Selain itu, yayasan juga menerima bantuan sosial dari Kementerian Agama (Kemenag).

Bantuan tersebut, kata Asep, diajukan atas nama siswa didiknya dan dicairkan melalui rekening siswanya. Kemudian Herry mengambil semua bantuan yang didapat para siswanya untuk digunakan kepentingan pribadi.

“Kita bakal menghadirkan saksi dari Kementerian Agama, sementara terkait dugaan penyelewengan bansos tersebut apakah akan masuk dalam dakwaan terpisah atau tidak, belum dapat memastikan. Prosesnya masih berjalan nanti persidangan berjalan, kita lihat dengarkan,” ujar Asep.

Fakta lain yang didapat dari hasil pemeriksaan saksi ketua RT lingkungan sekitar yayasan,  Herry diketahui memiliki dua tempat yakni di Antapani dan Cibiru, Kota Bandung. Masyarakat dan warga sekitar tidak mengetahui kegiatan di dalam asrama itu.

“Segala kegiatan Herry di pesantren tersebut tertutup bahkan terdakwa maupun para santri dan keluarganya tak pernah berkomunikasi dengan warga sekitar. Kegiatan yang dilakukan terdakwa ini sangat tertutup dan antisosial ridak pernah berbaur,” ucapnya.

Kasipenkum Kejati Jabar, Dodi Gozali Emil menambahkan, rencananya dalam sidang besok Selasa, 28 Desember bakal ada lima orang saksi yang akan dimintai keterangan. Dari kelima saksi yang akan diperiksa, beberapa di antaranya ada dari bidan dan keluarga Herry sendiri.

“Ada bidan yang membantu melahirkan korban rudukpaksa dan juga keluarga terdakwa Herry, sedangkan saksi korban sudah tidak ada yang dimintai keterangan atau sudah selesai,” jelasnya.

Baca juga !