Fri. Dec 2nd, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

HP Luncurkan Dua Program Baru untuk Dukung Pendidikan di Indonesia

2 min read

 HP mengumumkan dua program baru untuk mendukung kegiatan pembelajaran berkelanjutan di Indonesia. Dua program ini terdiri dari Semangat Guru Virtual Learning Series dan HP Life dalam Bahasa Indonesia.

Fiona Lee selaku Managing Director HP Indonesia menyatakan, program Semangat Guru Virtual Learning Series ini ditujukan untuk melatih soft skills bagi guru di Indonesia. Sementara HP Life adalah program kursus online gratis yang berfokus pada keterampilan bisnis dan Teknologi Informasi (TI).

“Kami di HP percaya bahwa pendidikan adalah hak dasar manusia. Kami berkomitmen untuk memastikan kesetaraan pembelajaran dan digital di Indonesia untuk mendukung program pemerintah,” ungkap Fiona dalam konferensi pers virtual, Senin (31/5/2021).

“Teknologi dapat menjadi kekuatan penyeimbang yang hebat bila disesuaikan dengan kebutuhan-kebutuhan komunitas dan individu di dalamnya. HP memberikan dukungan, tidak hanya kepada komunitas kurang mampu melalui Tech Hubs, tapi juga kepada guru para pelaku UKM dan wirausahawan,” tambahnya.

Semangat Guru Virtual Learning Series menggunakan konsep 3E berupa Educate, Engage, and Entertain atau Mendidik, Melibatkan, dan Menghibur. Program ini akan tersedia bagi para guru yang terdaftar di platform Guru Belajar & Berbagi dan dapat menampung hingga ribuan peserta pada tiap kelas virtualnya.

Enam episode pembelajaran akan dipandu oleh pembicara inspirasional untuk membangun soft skills, mulai dari keahlian dalam penggunaan teknologi sampai komunikasi.

Para pembicara Semangat Guru termasuk di antaranya Iwan Syahril selaku Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Ristek, serta Vivit Kavi dan Vena Annisa, Founders V&V Communications.

“Semangat Guru Virtual Learning Series akan membantu para guru mendalami bagaimana teknologi dapat digunakan untuk blended learning dan diadaptasi untuk berbagai gaya belajar,” kata Fiona.

Sementara program HP LIFE dalam Bahasa Indonesia ditujukan untuk wirausahawan, pelaku UKM, dan semua orang yang ingin terus belajar untuk membangun keterampilan demi masa depan. HP akan memberikan akses ke dalam program pelatihan keterampilan secara gratis.

“HP LIFE merupakan sumber materi pendidikan yang dapat disesuaikan dan digunakan di lapangan oleh pelatih, pendidik, dan mentor untuk memperkaya kurikulum, mendukung penciptaan bisnis, dan meningkatkan keterampilan kerja,” papar Frans Adiredja selaku Business Personal System Category Head HP Indonesia.

Frans menuturkan, dalam sebuah laporan HP di tahun 2020 mengenai UKM, 57 persen UKM di Indonesia menyatakan bahwa transformasi bisnis melalui teknologi adalah hal yang penting atau sangat penting. Dengan demikian, HP LIFE dapat membantu memudahkan transisi itu.

Bersama mitra-mitranya, Junior Achievement (JA), UNIDO, dan Girl Rising, HP LIFE bertujuan untuk meningkatkan kesetaraan digital dengan memungkinkan siapa saja di seluruh dunia mewujudkan impian mereka dalam meraih kemandirian ekonomi.

Saat ini, HP LIFE diakses lebih dari 418.000 pengguna aktif yang berasal dari lebih dari 200 negara dan wilayah, dengan lebih dari 1,3 juta kelas yang telah diselesaikan.

HP Foundation menargetkan untuk menarik satu juta pengguna HP LIFE pada 2025. Hingga kini, terdapat lebih dari 165.000 pengguna telah mendaftarkan diri dan program ini telah memberi manfaat bagi 12.700 pengguna di 28 negara Asia.