Fri. Dec 2nd, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Ini Alasan Vitamin D Sangat Penting Bagi Kesehatan Tubuh

2 min read

JAKARTA — Bukan rahasia lagi bahwa vitamin D memainkan peran integral dalam segala hal mulai dari kekebalan hingga kesehatan tulang. Tetapi hanya sedikit yang menyadari bahwa vitamin D juga sangat baik dalam hal kesehatan otak.

Jika masih sangsi dengan pernyataan di atas, berikut penjelasan mengapa vitamin D bisa meningkatkan fungsi kognitif dan juga suasana hati.

 

1. Vitamin D mendukung kesehatan sistem saraf

Sistem saraf memiliki semua jenis reseptor untuk berbagai hormon dan reseptor vitamin D adalah salah satunya, artinya ada alasan mengapa reseptor D itu ada di otak dan sistem saraf pusat. Ternyata, keajaiban mikronutrien esensial yang larut dalam lemak ini berperan besar dalam mendukung fungsi sistem saraf dan kesehatan otak.

Faktanya, penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin D memiliki efek neuroprotektif, berkat dampaknya pada produksi dan pelepasan neurotropik (protein utama yang diperlukan untuk perkembangan dan kelangsungan hidup neuron).

Selain itu, vitamin D membantu melindungi jaringan saraf dari stres oksidatif dan memastikan keseimbangan kadar kalsium dalam darah (sel, termasuk sistem saraf). Adapun kalsium adalah senyawa pemberi sinyal utama di dalam sel dan memastikan neuron menyala dengan baik, yang berdampak pada seluruh tubuh kita.

 

2. Bantu menjaga fungsi kognitif seiring bertambahnya usia

Seiring bertambahnya usia, proses seperti stres oksidatif serta penuaan organ dan sistem dapat bermanifestasi sebagai fungsi kognitif yang tidak separah tahun-tahun sebelumnya. Tetapi menurut asisten profesor ilmu saraf di Mount Sinai School of Medicine, Nicole Avena, vitamin D membantu menyangga proses ini.

Dalam meta-analisis Journal of Aging Research 2019 tentang efek vitamin D, hubungan yang jelas diidentifikasi antara kadar vitamin D dan fungsi kognitif terkait usia. Penulis penelitian menemukan bahwa kekurangan vitamin D terkait dengan parameter kesehatan kognitif yang kurang optimal, sementara kecukupan vitamin D dikaitkan dengan penurunan protektif pada biomarker otak utama.

“Reseptor vitamin D dapat ditemukan di area otak yang membentuk ingatan baru, yang mungkin merupakan bukti kuat bahwa vitamin D terkait dengan penciptaan memori baru,” kata Avena seperti dilansir dari Mind Body Green, Senin (21/2/2022).

 

3. Dukung suasana hati dan meningkatkan kesejahteraan emosional

Tentu saja, kita tidak bisa melupakan hubungan vitamin D dengan suasana hati. Vitamin D tidak hanya ditemukan untuk membantu mengatur melatonin dan serotonin (dua hormon yang sangat terlibat dalam suasana hati), tetapi juga berdampak pada kesehatan usus kita dengan mempromosikan bakteri menguntungkan dan mendukung integritas lapisan usus.

Jika Anda sudah familiar dengan kesehatan usus yang optimal, Anda pasti tahu bahwa usus yang sehat membantu mendukung suasana hati yang baik. Penjelasan itu semua memperjelas betapa pentingnya vitamin D untuk kesehatan tubuh. Jadi, jangan lupa untuk rajin berjemur dan mengkonsumsi suplemen vitamin D berkualitas tinggi setiap hari.

Baca juga !