Sat. Dec 10th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Jelang Ramadhan, Harga Minyak Goreng Curah Masih Mahal, Gula Pasir Malah Ikutan Naik

2 min read

Harga minyak goreng curah ternyata masih tinggi di sejumlah pasar tradisional tanah air, saat ini harga minyak goreng curah dibandrol paling mahal Rp 20 ribu per liter. Begitu juga dengan harga gula pasir yang juga ikutan merangkak naik.

Wasekjen Kebijakan Publik Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Teguh Stiawan mengatakan, lima hari menjelang Ramadhan, harga beberapa komoditas mengalami kenaikan dan peningkatan  permintaan seperti, bawang putih,  ayam, telur, gula pasir, minyak goreng dan daging sapi.

“Beberapa komoditas tersebut agak sulit ditahan untuk tidak naik karena ada beberapa faktor,” kata Teguh dalam keterangan persnya, Selasa (29/3/2022).

Teguh memaparkan, seperti minyak goreng curah dan gula pasir yang saat ini mengalami kenaikan cukup tinggi. Kenaikan tersebut dipicu karena adanya penurunan distribusi.

“Minyak goreng curah yang biasanya per minggu dikirim tiga sampai empat kali pengiriman ini hanya dikirim dua kali, sedangkan gula mengalami penurunan distribusi hingga 40 persen,” katanya.

Saat ini, kata dia, harga minyak goreng masih tembus Rp 19 ribu sampai Rp 20 ribu per liter, sedangkan untuk harga gula pasir tembus di kisaran Rp 15 ribu.

Sedangkan komoditas lain seperti bawang putih, ayam, telur mengalami kenaikan permintaan kurang lebih 30 persen dengan harga rata rata bawang putih dari harga Rp 33.000  menjadi Rp 33.900 per kilogram.

Sementara, untuk harga daging ayam dari harga Rp 38 ribu per ekor naik menjadi Rp 39 ribu. Telur ayam dari Rp 25 ribu per kilogram naik menjadi Rp 25.500.

Sedangkan daging dari harga Rp 140 ribu per kilogram menjadi Rp 141 ribu per kilogram.

“Beberapa komoditas ini penting untuk dijaga agar menjelang Ramadhan atau H- 3  yang biasanya memiliki permintaan hingga 50 persen bisa diantisipasi,” katanya.

Baca juga !