Tue. Dec 6th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Jokowi: 1.900 Km Jalan Tol Dibangun Selama 7 Tahun

1 min read

JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan daya saing dengan negara lain. Ia mengatakan, selama lebih dari 40 tahun, pemerintah telah membangun 780 km jalan tol.

Sedangkan selama tujuh tahun terakhir, pemerintah telah membangun 1.900 km jalan tol. Hal ini disampaikannya dalam acara penandatanganan perjanjian oleh Indonesia Investment Authority (INA) tahun 2022, Kamis (14/4).

“Kita dorong betul agar jalan tol ini segera semuanya tersambungkan, baik yang Trans Jawa maupun Trans Sumatra, dan beberapa di Kalimantan dan Sulawesi,” ujar Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi mengatakan, salah satu hambatan dalam pembangunan infrastruktur selama ini adalah pembiayaan. Menurut dia, pemerintah selama ini tak mencari alternatif pembiayaan dan selalu bergantung pada APBN maupun keuangan BUMN.

Sedangkan pembangunan yang diserahkan kepada pihak swasta pun dinilainya juga tak berjalan baik. Karena itu, pemerintah mendirikan Indonesia Investment Authority (INA).

“Ini adalah sebuah alternatif scheme pembiayaan yang sebelumnya gak pernah kita pikirkan muncul. Dan hari ini saya sangat senang telurnya pecah. Sudah ditandatangani tadi nilainya kurang lebih 39 triliun lebih,” kata dia.

Jokowi yakin, penandatanganan perjanjian oleh INA ini akan memberikan efek kepercayaan baik dari domestik maupun internasional terhadap cara pengelolaan keuangan Indonesia. Ia berharap, manajemen dan tata kelola di INA mampu menumbuhkan kepercayaan dari internasional dan juga domestik sehingga akan banyak investasi yang masuk.

“Dan INA bisa nanti bekerja sama dengan BUMN maupun swasta yang kita harapkan akan memberikan efek ekonomi terhadap negara kita,” ujarnya.

Baca juga !