Mon. Dec 6th, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Jokowi dan DPR Diminta Fokus terhadap Pemilihan Capim KPK

1 min read

JAKARTA – Sepuluh nama calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah diserahkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kemudian, Jokowi akan mengirim mereka ke Komisi III DPR untuk dilakukan uji kepatutan dan kelayakan.

Jaringan Kaum Muda (Jarkam) menyampaikan sejumlah catatan terhadap Capim KPK menyusul adanya polemik di masyarakat. Chrisman Damanik, perwakilan Jarkam menuturkan, apresiasi kepada Panitia Seleksi (Pansel) Capim KPK yang sudah bekerja keras.

Mereka telah menjalankan tugasnya menyeleksi putri-putri terbaik bangsa untuk memimpin KPK sesuai peraturan perundang-undangan. Capim KPK yang lulus, menurut Chrisman, telah melalui sejumlah tahapan. Hal itu harus dihargai dan dinilai dengan objektif.

“Kami meminta agar masyarakat Indonesia menghormati dan menghargai hasil kerja Pansel Capim KPK yang telah menghasilkan 10 nama calon pimpinan KPK yang mana telah diserahkan secara resmi kepada Presiden,” ujar Chrisman saat konferensi pers di Matraman, Jakarta Timur, Jumat (6/9/2019).

KPK

Presiden dan DPR RI, sambung Chrisman, juga harus tetap fokus dan konsisten dalam penentuan keputusan-keputusan terkait pimpinan KPK. Mereka tidak boleh terpengaruh upaya-upaya pihak-pihak yang tidak memillki hak dan kewenangan terkait pemilihan pimpinan KPK.

“Kami mendukung penuh Presiden dan DPR RI dalam menuntaskan proses pemilihan sampai kepada keputusan hasil pimpinan KPK,” ujarnya.

Diharapkan tidak ada pihak yang menekan Presiden Jokowi dan DPR dalam penentuan pimpinan KPK. Sehingga pimpinan KPK yang dihasilkan betul-betul memiliki komitmen dalam pemberantasan korupsi.

“Kami meminta pimpinan KPK nantinya fokus pada upaya-upaya pemberantasan tindak pidana korupsi di Indonesia,” ujarnya.

Chrisman meyakini kalau Presiden Jokowi dan DPR pasti objektif memilih pimpinan KPK. Menurutnya, Jarkam siap menjadi mitra kritis dan strategis dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.

Baca juga !