Fri. Dec 2nd, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Jokowi Sambangi Kampung di Karo yang Pernah Kirim 1 Truk Jeruk ke Istana

2 min read

6 Desember 2021 lalu, Presiden Jokowi menerima satu truk jeruk seberat 3 ton dari petani di Kampung Jeruk Liang Melas Datas Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Mereka mengadukan kondisi jalan yang rusak.

Hari ini, Jokowi mengunjungi kampung tersebut untuk mencicipi langsung jeruk dari petani.

“Hari ini, giliran saya yang berkunjung ke kampung mereka, Kampung Jeruk di Liang Melas Datas,” kata Jokowi dalam keterangannya, Jumat (4/2).

Presiden memandang, kawasan pertanian jeruk di Kabupaten Karo memiliki potensi yang sangat besar. Namun, masih perlu perbaikan-perbaikan di sejumlah hal mulai dari struktur biaya hingga penjenamaan.

“Memang perlu perbaikan-perbaikan, pertama untuk memperbaiki struktur biaya, kedua untuk memperbaiki kualitas, kemudian yang ketiga buat kemasan dan branding yang lebih baik. Saya kira kalau tiga itu dikerjakan ini jeruknya akan bagus sekali,” tuturnya.

Presiden Jokowi tinjau kampung Jeruk di Liang Melas Datas, Karo, Sumut Foto: Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden

Saat melihat hasil produksi jeruk di Kabupaten Karo, Presiden Jokowi sempat menelepon Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. Presiden mendorong dua hal, yakni pendampingan bagi para petani dan pupuk.

“Saya dari Toba mampir sini untuk melihat jalan. Saya melihat hasil produksi di Karo ini mungkin butuh pendampingan kecil untuk menaikkan kualitas produksi, yang pertama. Kemudian yang kedua urusan pupuk ini lebih bagus kalau disini organik,” ujar Presiden Jokowi kepada Menteri Pertanian.

Kabupaten Karo sendiri diketahui merupakan salah satu sentra produksi komoditas jeruk. Selain dipasarkan di dalam negeri ke berbagai kota seperti Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya, dan beberapa kota lainnya, jeruk dari Kabupaten Karo juga telah merambah pasar luar negeri yakni Malaysia dan Singapura.

Turut mendampingi Jokowi dalam kunker di Karo, Menkomarimves Luhut Panjaitan, Menparekraf Sandiaga Uno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan sejumlah pejabat lainnya.

Baca juga !