Sat. Dec 10th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Jokowi Seharusnya Turun Gunung Menengahi Konflik Andika-Dudung

1 min read

JAKARTA – Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) Anton Aliabbas meminta Presiden Joko Widodo mengambil langkah menyikapi kabar keretakan hubungan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dengan KSAD Jenderal Dudung Abdurachman.

“Penting bagi Jokowi untuk menengahi serta memastikan Andika dan Dudung dapat saling bekerja sama,” ucap Anton melalui keterangan persnya, Selasa (6/9).

Dosen Universitas Paramadina itu menyebut kabar keretakan Andika dan Dudung perlu diklarifikasi Jokowi.

Narasi keretakan dua eks Pangkostrad itu muncul saat momen rapat kerja Komisi I di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.

“Pembiaran atas kabar disharmoni ini justru akan mengganggu penuntasan rencana dan target pemerintah terkait sektor pertahanan,” ungkap Anton.

Peraih doktoral bidang pertahanan dari Cranfield University, Inggris itu kemudian menyebut disharmoni antara elite di tubuh militer bukanlah hal baru apabila menilik sejarah

Sejak kepemimpinan Presiden Sukarno, friksi politik antarjenderal telah banyak mengemuka.

Fenomena tersebut tidak hanya terjadi di dalam satu matra melainkan juga antarangkatan bersenjata.

“Pada saat pelaksanaan operasi militer sekalipun, friksi antarjenderal pernah terjadi sehingga mengganggu jalannya misi, seperti yang terjadi dalam pelaksanaan Operasi Dwikora pada 1963-1967,” ujar Anton.

Dia mengatakan publik sebenarnya berharap para pimpinan TNI tidak mempertontonkan sikap kurang mampu bekerja sama satu sama lain karena hanya memunculkan kegaduhan tidak perlu.

“Mempertahankan sikap yang mengedepankan ego politik hanyalah akan menggerus tingkat kepercayaan publik pada TNI dan pada akhirnya yang merugi dan dikorbankan itu citra institusi TNI,” ujar Anton

Baca juga !