Sat. Dec 10th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Juragan 99 Diperiksa Polda Jatim, Akmal Marhali: Yang Bertanggung Jawab Harusnya Iwan Budianto

2 min read

Merdeka.com – Bola.com, Malang – Presiden Arema FC, Gilang Widya Pramana alias Juragan 99 memenuhi panggilan dari Polda Jatim, Kamis (27/10/2022). Dia ikut diperiksa terkait Tragedi Kanjuruhan, 1 Oktober 2022 yang menewaskan 135 korban jiwa.

Ternyata pemanggilan ini mendapat perhatian dari Koordinator Save Our Soccer (SOS), Akmal Marhali.

Menurut dia, pihak yang seharusnya diperiksa di Mapolda Jawa Timur terkait Tragedi Kanjuruhan bukanlah Juragan 99. Melainkan Direktur Utama PT ABBI, Iwan Budianto. Perusahaan itu sebagai pengelola Arema FC.

“Yang harus kena ya Iwan Budianto. Kalau koorporasi yang bertanggungjawab yang Direktur Utama (Dirut). Seperti halnya PT LIB. Ini ada di Peraturan Mahkamah Agung Nomor 13 Tahun 2016 soal Tata Cara Pidana Koorporasi,” ungkap Akmal Marhali, Jumat (28/10/2022).

Alasan

juragan 99 diperiksa polda jatim, akmal marhali: yang bertanggung jawab harusnya iwan budiantoWakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto memberikan pernyataan saat konferensi pers Piala Presiden 2022 di Studio Lantai 8 SCTV Tower, Senayan City, Jakarta pada Senin (06/06/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)”>
Wakil Ketua Umum PSSI, Iwan Budianto memberikan pernyataan saat konferensi pers Piala Presiden 2022 di Studio Lantai 8 SCTV Tower, Senayan City, Jakarta pada Senin (06/06/2022). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Akmal Marhali berharap Gilang Widya Pramana hanya dimintai keterangan untuk menjerat Iwan Budianto. Pria yang juga masuk dalam anggota Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) tragedi Kanjuruhan membeberkan alasan mengapa Iwan Budianto yang seharusnya menjadi pihak yang bertanggung jawab

“Karena Iwan Budianto posisinya sebagai Direktur Utama. Presiden itu tidak ada di struktur operasional koorporasi. Sebagai saksi, sangat lemah kalau jadi tersangka,” imbuhnya.

Berdasarkan data dari Ditjen AHU Kemenkumham, bahkan nama Gilang Widya Pramana tidak tercantum dalam jajaran BOD (Board Of Directors) struktur perusahaan yang mengelola Arema FC. Pada salinan yang ada, tertera Direktur Utama adalah Iwan Budianto, Agoes Soerjanto (Komisaris Utama), Ruddy Widodo (Direktur) dan Tatang Dwi Arifianto (Komisaris).

Baca juga !

1 min read