Wed. Dec 7th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Kemenag Bagi Pemberangkatan Haji Jadi Dua Gelombang

2 min read

“Jamaah calon haji gelombang pertama akan mendarat di Bandar Udara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Ahmad Abdullah dalam konferensi pers virtual yang diikuti dari Jakarta, Minggu, seperti dilansir¬†Antara.

Abdullah menambahkan, jamaah calon haji gelombang pertama akan menetap di Madinah dengan masa tinggal antara 8-9 hari untuk menjalankan ibadah Arbain, yaitu shalat wajib berjamaah dalam 40 waktu di Masjid Nabawi.

“Selain berziarah ke makam Rasulullah di Masjid Nabawi, jamaah calon haji selama di Madinah juga akan mendapatkan paket ziarah ke berbagai tempat bersejarah yang ada di wilayah setempat,” katanya.

 Setelah itu, jamaah calon haji akan diberangkatkan menuju Kota Mekkah untuk melaksanakan ibadah umrah wajib.

“Sementara jamaah yang diberangkatkan pada gelombang kedua akan mendarat di Bandar Udara King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah. Selanjutnya, mereka menuju Mekkah untuk melaksanakan ibadah umrah wajib,” katanya.

Sementara itu, Abdullah juga menyampaikan bahwa Kementerian Agama mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya operasional haji tahun ini.

“Kementerian Agama mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI, pimpinan DPR RI, kementerian/lembaga terkait penyelenggaraan ibadah haji, Kanwil Kementerian Agama di tingkat provinsi, Kantor Kemenag di tingkat kabupaten/kota, para gubernur, bupati/wali kota, serta pihak lainnya,” katanya.

Menurut dia, dengan adanya kerja sama, koordinasi, dukungan, saran, dan masukan dari berbagai pihak terkait maka operasional haji tahun ini dapat terlaksana dengan baik.

Sementara itu, Kementerian Agama sebelumnya juga menyampaikan bahwa sebanyak 3.169 calon haji dari lima embarkasi akan diberangkatkan hari ini.

“Kemarin telah diberangkatkan 2.776 orang, sementara hari ini diberangkatkan 3.169 orang dari total delapan kelompok terbang dari lima embarkasi,” katanya.

Dengan demikian, kata dia, jumlah total calon haji yang telah diberangkatkan sejak kemarin hingga hari ini sebanyak 5.945 orang.

Baca juga !