Sat. Dec 3rd, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Kemendag Tunggu Undangan untuk Rapat Soal Minyak Goreng dengan DPR

2 min read

Jakarta – Kementerian Perdagangan belum mendapat undangan untuk rapat dengan Komisi VI DPR hingga hari ini, 25 April 2022. Rapat tersebut diagendakan membahas kebijakan Domestic Market Obligation (DMO) dan penetapan tersangka kepada Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Indrasari Wisnu Wardhana bersama tiga petinggi perusahaan minyak goreng oleh Kejaksaan Agung.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag Veri Anggrijono mengetahui soal rencana rapat bersama di Komisi VI DPR. “Saya minggu kemarin juga sudah mendengar, tapi sampai pagi ini belum dapat arahan apakah jadi atau enggak,” katanya saat dihubungi, Senin, 25 April 2022.

Veri memastikan akan hadir apabila rapat terlaksana hari ini. Selain itu, kata Veri, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri juga akan turut hadir mendampingi Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi. “Insya Allah ikut,” tuturnya.

Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto memastikan undangan rapat dari DPR belum ada hari ini. “Tidak ada undangan rapat dengan DPR sampai hari ini,” ujarnya melalui pesan singkat.

Anggota Komisi VI Fraksi Partai Gerindra Andre Rosiade juga membenarkan, bahwa jadwal rapat bersama Kementerian Perdagangan belum ada hari ini. “Belum,” jawabnya.

Sebelumnya, Andre mengatakan Komisi VI akan memanggil Mendag Lutfi pekan ini. DPR akan meminta penjelasan kepada Lutfi terkait pemberian izin eskpor saat penetapan kewajiban DMO pada akhir Januari lalu, yang mana perusahaan harus memenuhi kuota dalam negeri sebanyak 20 persen sebelum diizinkan ekspor.

“Kami langsung inisiatif untuk memanggil Menteri Perdagangan minggu depan, jadwalnya sedang diatur untuk kapan hari tepatnya,” ujar Andre, saat dihubungi pada Jumat, 22 April 2022.

Menurut Andre, pihaknya juga akan bertanya soal harga kebutuhan bahan pokok, seperti minyak goreng yang masih mahal menjelang lebaran. Sebab dalam kunjungan kerja legislator di Bogor, ditemukan minyak goreng cuah di pasaran melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET).

Selain itu, stok minyak goreng curah ini pun langka. “Kami ingin dengar bagaimana perkembangan harga kebutuhan harga pokok di pasar,” ucap Andre.

Ketua DPR Puan Maharani pun membenarkan soal rencana rapat DPR dengan Mendag Lutfi. “Saya dapat laporannya, mungkin minggu depan sebelum lebaran, akan ada rapat dengan Mendag di masa reses ini,” kata Puan saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Jumat, 22 April 2022.

DPR akan memanggil Lutfi untuk kembali menjelaskan permasalahan dan carut marut kelangkaan minyak goreng. Lalu DPR juga rencana akan meminta penjelasan dari Lutfi soal masalah internal di Kementerian Perdagangan, sehingga terjadi kasus dugaan korupsi ini. “Nanti di komisi terkait,” kata Puan.

Baca juga !