Thu. Oct 6th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Korut Uji Coba Rudal Hipersonik, Bisa Berdaya Ledak Nuklir

1 min read

Korea Utara berhasil melakukan uji coba rudal hipersonik atau melebihi kecepatan suara. Rudal hipersonik itu diklaim bisa membawa proyektil berdaya ledak nuklir.
Mengutip dari AP, uji coba yang dilakukan di Toyang-ri, Provinsi Jagang pada Selasa (28/9) dalam rangka mengembangkan kemampuan militer Korut.

Uji coba rudal baru itu juga disebut-sebut untuk memberikan tekanan kepada Amerika Serikat dan Korea Selatan atas negosiasi nuklir yang masih menggantung.

Sebelumnya, jenis rudal yang diluncurkan Korut tak teridentifikasi. Media Korut kemudian merilis gambar rudal dan mengklaim sebagai jenis hipersonik.Peluncuran rudal itu merupakan uji coba ketiga Korut pada September ini.

Sebelumnya, perwakilan Korut di Sidang Majelis Umum PBB menuduh AS menebar permusuhan dan meminta Presiden Joe Biden mengakhiri latihan militer dengan Korea Selatan. Ia juga meminta AS menarik dukungan militer mereka di kawasan itu.

Pengumuman dari pihak Korut itu dirilis hanya beberapa saat setelah Korsel dan Jepang mendeteksi negara komunis itu meluncurkan sebuah rudal.

Media itu menyebut itu merupakan uji coba perdana rudal hipersonik. Tes itu disebut sukses sesuai target, termasuk stabilitas dan kemampua manuver serta karakter meluncur dengan kecepatan hipersonik.

Baca juga !