Thu. Jul 29th, 2021

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Kroasia Vs Skotlandia: Menang 3-1, Vatreni Runner-Up Grup D Euro 2020

3 min read

Glasgow –

Kroasia berhasil mengalahkan Skotlandia 3-1. Hasil ini membuat Vatreni ke 16 besar Euro 2020 dengan status runner-up Grup D.

Kroasia vs Skotlandia tersaji di matchday ketiga Grup D. Pada laga yang bergulir di Hampden Park, Glasgow, Rabu (23/6/2021) dini hari WIB, kedua tim butuh kemenangan untuk bisa lolos ke babak 16 besar.

Kroasia mampu unggul duluan lewat Nikola Vlasic. Skotlandia kemudian menyamakan skor menjadi 1-1 jelang turun minum lewat Callum McGregor.

Runner-up Piala Dunia 2018 ini kemudian berhasil mengambil alih permainan babak kedua. Kemenangan 3-1 pun didapat setelah Luka Modric dan Ivan Perisic mencetak gol.

Hasil ini membuat Kroasia ke 16 besar sebagai runner-up Grup D dengan empat poin. Skotlandia harus tersingkir karena ada di dasar klasemen dengan 1 poin.

Inggris melaju sebagai juara grup dengan 7 poin usai mengalahkan Republik Ceko 1-0. Di sisi lain, Ceko tetap lolos lewat jalur posisi ketiga terbaik dengan 4 poin.

Jalannya Pertandingan

Skotlandia langsung ngegas di awal-awal. Dua sepak pojok didapat tim tuan rumah, tapi belum menghasilkan ancaman berarti.

Skotlandia menebar ancaman di menit kelima. Bola umpan silang John McGinn dengan cepat ditepis oleh kiper Dominik Livakovic, jika terlambat satu detik bisa merobek gawang Kroasia karena ada Che Adams.

Kroasia secara perlahan mampu mengendalikan permainan. Luka Modric dkk. memainkan umpan-umpan pendek untuk mencari celah dalam menyerang lawan.

Kroasia lantas berhasil unggul 1-0 di menit ke-17. Bola umpan silang Josip Juranovic diteruskan oleh Ivan Perisic ke Nikola Vlasic, yang sukses melepaskan tembakan untuk merobek gawang Skotlandia.

Tim bestan Zlatko Dalic tampak lebih nyaman mengontrol penguasaan bola setelah unggul. Modric kemudian mengancam di menit ke-22 lewat tembakan dari luar kotak penalti, tapi bola sedikit melebar dari gawang.

Skotlandia membuang peluang di menit ke-24. Bola tembakan McGinn dari jarak dekat masih sangat lemah hingga mampu ditangkap Livakovic.

Kroasia melepaskan tembakan spekulasi di menit ke-38 lewat Josip Juranovic. Percobaan itu belum menjadi ancaman karena bola meleset jauh dari gawang Skotlandia.

Skotlandia akhirnya mampu menyamakan skor menjadi 1-1 di menit ke-42. Callum McGregor melepaskan tembakan tepat di depan kotak penalti dan bola bergulir deras ke sisi kiri gawang Livakovic. Skor tersebut bertahan hingga turun minum.

Lima menit berselang giliran Josko Gvardiol melepaskan percobaan ke gawang Skotlandia. Bola tembakannya dari luar kotak penalti masih mampu diamankan kiper lawan.Kroasia lebih dulu memberi ancaman di babak kedua. Josko Gvardiol melepaskan tembakan di menit ke-50, tapi bola masih melaju terlalu pelan hingga bisa diamankan dengan mudah oleh David Marshall.

McGinn membuang peluang emas untuk membawa Skotlandia unggul di menit ke-59. Bola dari jarak dekat gagal dia arahkan ke gawang Kroasia.

Luka Modric membuat pendukung tuan rumah terdiam. Gelandang milik Real Madrid itu menembak bola dari luar kotak penalti dengan punggung kaki. Bola meluncur ke sisi kiri kiper Marshall dan membawa Kroasia memimpin 2-1 di menit ke-62.

Skotlandia masih kesulitan menebar ancaman di kotak penalti Kroasia. Di sisi lain, Mateo Kovacic mampu mengancam Skotlandia lewat tembakan dari luar kotak penalti pada menit ke-75.

Kroasia menambah gol lagi di menit ke-77. Perisic berhasil menanduk bola ke dalam gawang Skotlandia setelah menyambar umpan korner dari Modric. 3-1 Kroasia memimpin.

Tak ada gol tambahan hingga laga tuntas. Kroasia pun berhasil melaju ke fase gugur sebagai runner-up Grup D.

Susunan Pemain:

Kroasia: Livakovic; Juranovic, Lovren, Vida, Gvardiol; Modric, Brozovic, Kovacic; Vlasic, Perisic; Petkovic

Skotlandia: Marshall; O’Donnell, Hanley, Tierney; Armstrong, McTominay, McGregor, McGinn, Robertson; Dykes, Adams.