Tue. Nov 29th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Mahasiswa Ramai-ramai Polisikan Pengacara Dukun Firdaus Oiwobo, Buntut Sebut Syahadat Batal Jika Tak Percaya Dukun

1 min read

Perwakilan Ikatan Mahasiswa Lintas Agama Indonesia, Achmad Syaiful Anam, melaporkan pengacara dukun, Firdaus Oiwobo atas kasus dugaan penistaan agama.

“Alhamdulillah dari jam 2 siang hingga malam laporan kami diterima,” kata Achmad Syaiful Anam usai membuat laporan di Polda Metro Jaya, Jumat (23/92/2022) malam.

Achmad tidak sendiri dalam membuat laporan. Dia didampingi 30 mahasiswa lain yang ikut tergabung dalam aliansi tersebut.

Dugaan penistaan agama ini terkait ucapan Firdaus Oiwobo ihwal praktik perdukunan. Firdaus belakangan memang kerap muncul di berbagai platform digital yang menyebutnya sebagai pengacara asosiasi dukun Indonesia.

“Pertama, saudara Firdaus mengatakan dukun adalah bagian dari agama, di situ ada spasinya, tetapi beliau melanjutkan lagi khususnya bagi agama Islam,” ujar pengacara Ikatan Mahasiswa Listas Agama Indonesia, Isti’adatul Khusniyah.

Bukan cuma itu, ada lagi ucapan Firdaus yang disoal. Firdaus pernah menyebut bahwa seorang muslim yang tak percaya dukun akan batal syahadatnya.

“Fatwa MUI 2015 menyatakan, praktek perdukunan itu haram. Bukan hanya praktek tapi juga mempublikasikan, hukumnya haram,” kata Isti’adatul Khusniyah.

Terakhir menurut fatwa MUI yang diungkapkan Isti’adatul Khusniyah, memanfaatkan, menggunakan, percaya praktik kedukunan itu juga haram.

“Kami menganggap bahwa pernyataan tersebut sangat mencederai hati masyarakat Indonesia khususnya ajaran Islam,” ujarnya.

Dalam laporannya, Firdaus Oiwobo dijerat pasal 156 A mengenai penistaan agama. Selain itu, ada juga pasal 28 terkait UU ITE.

“(Ini karena) saudara Firdaus menyebarkan sendiri dengan cara live di Instagram,” kata Isti’adatul Khusniyah.

Baca juga !