Thu. Dec 1st, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Mampir Purwakarta, Jangan Lupa Cicip Ayam Goreng Sajolna dan Soto Sadang

3 min read

Jakarta – Selain Bandung dan Bogor, kota yang kerap disinggahi kala akhir pekan adalah Purwakarta. Selain punya udara sejuk, Purwakarta juga punya sederet makanan enak.
Jalan-jalan ke Purwakarta bisa jadi pilihan di akhir pekan. Selain karena lokasinya tak jauh dari Jakarta, di Purwakarta juga banyak tempat wisata dan tempat kulineran enak. Sayang sekali kalau ke Purwakarta tanpa menikmati makanan khasnya.

Banyak pilihan tempat makan enak di Purwakarta. Kalau suka makan sate, bisa mampir ke Sate Maranggi Cibungur yang legendaris dan terkenal enaknya. Tapi kalau suka makanan berkuah hangat, kamu bisa mampir ke Soto Sadang yang menawarkan semangkuk soto bening dengan rasa gurih segar.

Tak hanya itu, di Purwakarta juga ada rumah makan yang menawarkan belasan varian menu pepes atau kamu bisa makan santai bersama keluarga di rumah makan berkonsep lesehan.

Berikut beberapa tempat makan yang wajib disinggahi kalau ke Purwakarta:
1. Sate Maranggi Cibungur
Mampir Purwakarta, Jangan Lupa Cicip Ayam Goreng Sajolna dan Soto Sadang Foto: Ria Rahmawati/d’Traveler
Belum lengkap rasanya kalau ke Purwakarta tanpa mampir dan mencicipi enaknya sate Maranggi. Di kawasan Cibungur ada sate Maranggi Hj. Yetty yang bisa jadi pilihan. Olahan sate sapi ini punya tekstur empuk juicy.

Disajikan bersama potongan cabai rawit dan tomat yang dikucuri kecap manis. Makin enak lagi kalau makan sate Maranggi ditemani lontong atau nasi hangat.

Tempat makan sate Maranggi ini terbilang luas dengan mengusung konsep outdoor. Setiap harinya warung sate Hj. Yetty akan dipenuhi pengunjung, terlebih ketika akhir pekan. Warung sate ini sempat tutup selama penerapan PSBB tapi kini sudah kembali beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sate Maranggi Hj. Yetty Cibungur
Jalan Raya Cibungur Puwarkarta,
Cibungur, Kec. Bungursari,
Kabupaten Purwakarta

2. Soto Sadang Asli
Selain sate, Kabupaten Purwakarta juga punya soto enak. Soto yang satu ini menjadi salah satu soto legendaris di Purwakarta.
Soto Sadang Asli sudah ada sejak tahun 1970, warung ini menawarkan racikan soto dengan dua kuah yakni kuah bening dan ada juga kuah santan. Soto ini dilengkapi suwiran daging ayam atau irisan daging sapi. Makin lengkap dimakan bersama nasi hangat lalu ditambah sambal dan perasan jeruk nipis.

Soto Sadang
Jalan Veteran no. 138, Jembatan Layang,
Sadang, Purwakarta

Mampir Purwakarta, Jangan Lupa Cicip Ayam Goreng Sajolna dan Soto Sadang Foto: instagram @sotosadang
3. Ayam Goreng Sajolna

Selain soto, ada juga ayam goreng kampung yang diracik dengan perpaduan rempah Nusantara. Warung Sajolna punya ayam goreng kampung yang disajikan bersama dengan sambal yang rasa pedasnya khas.

Ayam goreng berwarna kuning keemasan ini memang ukurannya tidak terlalu besar karena dibuat menggunakan ayam kampung. Tapi soal rasa, dijamin teksturnya empuk padat dan rasanya gurih mantap. Ayam goreng Sajolna ini cocok dijadikan tempat makan jika kamu ke Purwakarta bersama keluarga.

Warung Sajolna
Jalan Letjend Basuki Rahmat No. 157
Purwakarta, Jawa Barat

4. Rumah Makan Hj. Ani
Rumah makan satu ini dikenal juga dengan sebutan warung pepes. Tentu saja karena mayoritas menu yang ditawarkan adalah aneka pepes. Ada belasan pepes nikmat yang bisa menggoyang lidah.
Sebut saja beberapa diantaranya ada pepes ikan mas, pepes cumi, pepes tahu, pepes ayam, pepes belut hingga pepes jamur. Selain menu pepes, ada juga pilihan lauk khas Sunda lainnya seperti ikan mas goreng, ayam goreng Sunda hingga ikan bakar. Jangan lewatkan sambal rawitnya yang pedas nendang.

Rumah Makan Hj. Ani
Jl. Ir. H. Juanda, Cilegong,
Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta
Jawa Barat

5. Nasi Liwet Babakan Johar

Sesuai dengan namanya, rumah makan satu ini punya menu andalan nasi liwet. Nasi liwetan khas Sunda yang gurih asin dengan taburan ikan teri bisa dinikmati dengan berbagai lauk pelengkap seperti ayam goreng, ikan peda dan pastinya lalapan.

Nasi liwet hangat tersaji setiap hari. Penyajiannya pun secara tradisional dengan wadah kastrol. Warung liwetan ini buka setiap hari selama 24 jam jadi kamu bisa menjadikannya sebagai tujuan makan siang atau makan malam.

Nasi Liwet Babakan Johar
Citalang, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta

Baca juga !