Sun. Dec 4th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

MediaTek Ungguli Qualcomm di Pasar Chip Global

2 min read

Pabrikan chip MediaTek kembali mengungguli kompetitornya, Qualcomm, di pasar chipset smartphone global.

Setidaknya begitu menurut hasil riset terbaru dari firma riset pasar Counterpoint Research yang memaparkan daftar perusahaan semikonduktor teratas di dunia berdasarkan pengiriman (shipmentchipset smartphone untuk kuartal-III 2021.

Dalam laporan itu, disebutkan bahwa MediaTek berhasil meraup pangsa pasar sebesar 40 persen pada kuartal-III (Q3) 2021.

Angka tersebut meningkat dibanding periode yang sama tahun lalu (YoY) dengan market share 33 persen, juga meningkat dari kuartal-II (Q2) 2021 dengan angka 38 persen.

Adapun Qualcomm sendiri berada di bawah MediaTek dengan pangsa pasar 27 persen pada Q3 2021 ini.

Grafik perusahaan semikonduktor teratas di kuartal-III 2021 berdasarkan pengiriman chipset smartphone global.

Grafik perusahaan semikonduktor teratas di kuartal-III 2021 berdasarkan pengiriman chipset smartphone global.Research Director Counterpoint, Dale Gai, mengatakan bahwa MediaTek bisa unggul karena portofolio produk 5G mereka yang kompetitif di segmen menengah, ditambah dengan tingginya permintaan System-on-Chip (SoC) 4G.

“Pendapatan MediaTek juga tumbuh secara bertahap berkat portofolio chipset untuk segmen kelas menengah ke atas besutan yang semakin banyak,” jelas Dale, dikutip KompasTekno dari CounterpointResearch, Sabtu (18/12/2021).

Meski secara keseluruhan MediaTek menempati posisi teratas, namun, MediaTek masih belum mampu mengungguli Qualcomm di segmen 5G.

Dalam laporan yang sama, Qualcomm memiliki pangsa pasar 62 persen untuk pengiriman chip 5G, lebih besar dibanding MediaTek yang hanya memiliki market share 28 persen.

Grafik perusahaan semikonduktor teratas di kuartal-III 2021 berdasarkan pengiriman chip 5G global.

Grafik perusahaan semikonduktor teratas di kuartal-III 2021 berdasarkan pengiriman chip 5G global.Research Analyst Counterpoint, Parv Sharma, mengatakan bahwa hal ini disebabkan oleh chip modem 5G Qualcomm yang hadir di jajaran iPhone 13 Series yang ditenagai SoC A15 Bionic, selain disematkan di chipset bikinan perusahaan tersebut, Snapdragon.

“Pangsa pasar Qualcomm di pasar chip modem 5G besar karena iPhone 13 Series dan tingginya permintaan di chipset mereka yang sudah mendukung 5G, mulai dari Snapdragon 4 Series hingga 8 Series,” jelas Sharma dalam keterangan yang sama.