Thu. Dec 1st, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Menteri BUMN Erick Thohir: Nilai-nilai Pancasila Masih Sangat Relevan

2 min read

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa nilai-nilai Pancasila masih sangat relevan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari rakyat Indonesia saat ini dan di masa mendatang. Hal itu karena Pancasila adalah ideologi yang mempersatukan bangsa Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan Erick Thohir dalam unggahan di akun Instagramnya¬† @erickthohir pada Rabu 1 Juni 2022 bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila. “Indonesia memiliki Pancasila sebagai pemersatu bangsa,” tulisnya.

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022, Erick Thohir mengatakan bahwa ia terkenang dengan lagu Tombo Ati yang temanya diganti Pancasila oleh putri mantan Presiden Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid.

“Mengingat kembali momen diajari Mba @yennywahid, lagu Tombo Ati yang temanya diganti Pancasila. Nilai-nilainya masih tetap relevan kita terapkan di kehidupan sehari-hari,” kata Erick Thohir.

Dalam video yang dibagikannya pada unggahan tersebut, diperlihatkan bagaimana Erick Thohir diajari menyanyikan lagu Tombo Ati dengan tema Pancasila oleh Yenny Wahid.

“Kita mau ngajak juga Pak Erick untuk nyanyi lagu berbahasa Jawa. Karena Pak Erick ini mau kita tarik menjadi lebih njawani,” kata Yenny Wahid di awal video tersebut.

Begini lirik lagunya: Pancasila ono limo perkorone (Pancasila ada lima hal)

Kaping siji kudu eling marang Gusti (Yang pertama harus ingat pada Allah)

Kaping loro uwong liyo apikono (Yang kedua harus baik pada sesama)

Kaping telu karo tonggo ojo suloyo (Yang ketiga dengan tetangga yang ribut)

Kaping papat yuk dirembug sareng-sareng (Yang keempat mari kita rembug Bersama-sama)

Kaping limo kudu timbang kiwo tengene (Yang kelima harus memperhatikan sekitarnya).

Limo-limone kudu tansah diopeni (Kelimanya harus dijaga)

Pada bagian akhir narasinya, Erick Thohir mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila. “Selamat Hari Lahir Pancasila untuk Indonesia yang maju, makmur, dan mendunia,” katanya.

Hari Pancasila untuk memperingati peristiwa Lahirnya Pancasila, yaitu ketika Soekarno memperkenalkan konsep dan rumusan awal “Pancasila” sebagai dasar negara Indonesia merdeka untuk pertama kalinya dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 1 Juni 1945.

Baca juga !