Thu. Oct 6th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Nancy Pelosi: Xi Jinping Merasa Insecure Tak Bisa Mengubah Agenda Saya

1 min read

Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi mengatakan anggota Kongres AS tidak akan terintimidasi oleh reaksi China terhadap kunjungannya ke Taiwan pada pekan lalu tersebut.

Nancy Pelosi juga mengatakan bahwa Presiden China Xi Jinping sudah bertindak seperti pengganggu yang sedang merasa ketakutan.

“Hanya karena Xi merasa tak aman bukan berarti bahwa saya harus mengubah agenda saya sebagai anggota Kongres bukan,” kata Pelosi pada Selasa, 9 Agustus 2022.

Dalam penampilan terpisah di program acara Morning Joe, Pelosi mengatakan China tidak dapat mengontrol jadwal anggota Kongres AS dan mereka tidak akan menjadi kaki tangan isolasi China terhadap Taiwan.

“Saya pikir dia sedang rapuh,” kata Pelosi mengacu pada ekonomi China, dikutip dari NDTV, Rabu, 10 Agustus 2022.

Perhentian Pelosi di Taiwan pekan lalu saat berada di kawasan Asia-Pasifik mendapat tanggapan keras dari China. Sejurus, China lalu melakukan latihan militer besar-besaran yang dirancang untuk menunjukkan kemampuannya sangat mampu mengepung pulau itu dan meluncurkan rudal yang kemungkinan terbang di atas Taipei dan ke perairan yang diklaim Jepang sebagai negara ekonomi eksklusif daerahnya.

Ketya DPR AS itu juga mengatakan perjalanannya dimaksudkan untuk memperkuat fokus Presiden AS Joe Biden di kawasan itu. Namun sebenarnya Gedung Putih telah berulang kali mengatakan keputusan untuk berkunjung dan melakukan perjalanan adalah murni keputusan dari ketua DPR saja.

Baca juga !