Fri. Dec 9th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Partai PM Justin Trudeau Diprediksi Menang di Pemilu Kanada

2 min read

Ottawa

Partai Liberal diprediksi memenangkan pemilu parlemen Kanada yang digelar pekan ini. Partai tersebut merupakan partai yang menaungi Perdana Menteri (PM) Kanada, Justin Trudeau.

Dilansir dari Reuters, Selasa (21/9/2021), prediksi itu disampaikan oleh dua televisi terkemuka Kanada, CBC dan CTV, dalam proyeksi hasil pemilu.

Trudeau diketahui memimpin pemerintahan dengan minoritas kursi di parlemen atau House of Commons sehingga bergantung pada dukungan partai politik lainnya untuk meloloskan legislasi. Dia menetapkan pelaksanaan pemilu 2 tahun lebih awal dengan harapan mengamankan mayoritas dalam parlemen.

CTV menyebut pemerintahan yang dipimpin Partai Liberal akan menjadi minoritas kembali dalam parlemen, sedangkan CBC menyatakan masih terlalu dini untuk menyatakan demikian. Kini pertanyaan yang muncul adalah seberapa kuat pemerintahan yang akan dibentuk Partai Liberal.

“Orang-orang akan sangat terkejut jika ada pemerintah mayoritas Liberal, dalam kubu Liberal, tapi saya pikir masih terlalu dini untuk menetapkan itu,” ucap mantan penasihat Trudeau, Gerald Butts, kepada CBC TV.

Komisi pemilu Kanada dalam hasil sementara menunjukkan Partai Liberal memimpin di sebanyak 146 distrik pemilihan dengan baru sedikit suara yang dihitung.

House of Commons diketahui terdiri atas total 338 kursi dan sebuah partai perlu memenangkan 170 kursi untuk bisa memegang mayoritas dalam parlemen.

Masuknya hasil pemilu tercatat lebih lambat daripada biasanya. Hal itu terjadi karena beberapa tempat pemungutan suara terpaksa membatasi jumlah pemilih yang menggunakan hak suaranya dalam satu waktu karena adanya pembatasan virus Corona (COVID-19).

Antrean panjang memaksa beberapa pemilih menunggu berjam-jam demi menggunakan hak suaranya di Ontario, yang menjadi wilayah perebutan suara.

Partai Liberal dilaporkan memimpin sementara dengan meraup total 113 kursi parlemen di Ontario dan Quebec. Kedua wilayah itu tercatat memiliki total 199 kursi parlemen, atau mencapai lebih dari separuh total kursi parlemen Kanada.

Dalam hasil regional pertama, Partai Liberal unggul di 23 dari total 32 distrik parlemen di empat provinsi Atlantik. Sebelumnya Partai Liberal menempati 27 kursi dari wilayah tersebut. Pemimpin oposisi dari Partai Konservatif, Erin O’Toole, fokus menambah perolehan kursi di empat provinsi yang sama dan saat ini meraup 9 kursi.

Penundaan dalam penghitungan suara via pos dinilai bisa menahan hasil pemilu dengan selisih ketat.

Komisi pemilu Kanada diketahui tidak akan mulai menghitung sebelum menerima 800 ribu surat suara via pos hingga Selasa (21/9) waktu setempat, tentunya setelah berhasil memverifikasinya terhadap suara yang diberikan secara langsung. Hal ini dinilai bisa membantu memprediksi hasil di setidaknya dua distrik Atlantik dan banyak wilayah Kanada lainnya.

Baca juga !