Tue. Dec 6th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Pemilu Jerman: SPD Unggul atas Partai Pendukung Merkel

1 min read

Pemilu Jerman telah melalui fase pemungutan suara dan kini memasuki tahap penghitungan suara.
DW melaporkan Partai Sosial Demokratik (SPD) Jerman untuk sementara unggul tipis atas Partai Uni Demoratik Kristen (CDU) yang selama ini menjadi pengusung Kanselir Jerman, Angela Merkel.

Sementara Pemilu Jerman untuk memilih legislatif saat ini merupakan pemilihan di masa akhir kekuasaan Merkel.

SDP mengantongi 25,8 persen suara, sedangkan CDU baru mendapatkan 24,1 persen suara. Dengan demikian, SPD saat ini unggul hampir 2 persen atas CDU.

Di peringkat ketiga untuk sementara ini ditempati oleh Partai Hijau dengan perolehan 14,6 persen suara. Sementara di posisi keempat ada Partai Demokrat Kebebasan Pro-Bisnis (FDP) yang meraih 11,5 persen.

Pemilu Jerman kali ini pun menandai kemenangan partai kiri-tengah Jerman. SPD maupun Partau Hijau kini berada dalam jalur kemenangan lebih dari 5 persen suara dibandingkan dengan hasil Pemilu Jerman terakhir pada 2017.

Hasil sementara ini juga menunjukkan kekalahan besar CDU di era jelang berakhirnya kekuasaan Merkel. Perhitungan suara masih berlangsung hingga berita ini dipublikasi.

Kemungkinan koalisi partai-partai pun masih belum jelas jika perolehan angka di antara partai dengan selisih amat tipis. Setidaknya ada tiga peluang koalisi utama seperti yang terjadi sebelumnya di tingkat federal.

Opsi pertama yaitu koalisi antara SDP, Partai Hijau dengan SPD/CSU. Kemungkinan berikutnya adalah koalisi antara SPD, Partai Hijau dengan FDP.

Pilihan lainnya bahwa seluruh partai tak akan berkoalisi dengan AfD yang meraih suara terkecil sejauh ini.

Pemilihan kanselir baru Jerman di Bundestag belum akan dilakukan apabila koalisi partai berkuasa belum terbentuk.

Baca juga !