Thu. Dec 1st, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Penumpang Terobos Kokpit Pesawat American Airlines

2 min read

Seseorang tak dikenal telah menerobos masuk tanpa izin ke dalam kokpit pesawat American Airlines pada Selasa (11/1/2022). Insiden yang terjadi di Bandara Internasional Ramón Villeda Morales di San Pedro Sula, Honduras itu sempat menimbulkan kekacauan.

Pada September lalu, kejadian serupa juga menimpa maskapai American Airlines yang telah mendarat di Miami dari Cali, Kolombia. Kala itu, seorang penumpang membuka pintu darurat dan akibat tindakannya itu ia ditangkap oleh aparat kepolisian.

1. Seseorang tak dikenal menerobos masuk dan hendak melompat dari kaca pesawat

Insiden ini bermula ketika kokpit yang menjadi tempat kemudi pesawat terbuka dan penumpang masuk ke dalam kabin pesawat. Namun, tiba-tiba seseorang tak dikenal memaksa masuk ke dalam kokpit pesawat American Airlines.

Kejadian yang berlangsung cepat itu langsung membuat penumpang yang panik berhamburan keluar dari pesawat. Bahkan, pelaku diketahui telah merusak alat kendai pesawat dan mecoba loncat keluar melalui kaca pesawat, tapi berhasil dihalau oleh kru pesawat, dilansir dari The Washington Post.

Sesuai keterangan dari juru bicara American Airlines, Sarah Jantz menuturkan, “Awak pesawat telah membantu menangkap pelaku pembuah onar dan menyerahkannya ke aparat penegak hukum di Honduras. Kami harus memberi tepuk tangan kepada kru kita atas profesionalisme mereka dalam menangani masalah ini.”

2. Pesawat akhirnya diberangkatkan pada pukul 22.45 malam

Insiden masuknya penumpang ke dalam kokpit pesawat ini telah mengakibatkan kerusakan pada bagian kendali. Maka dari itu, pesawat tipe Boeing 737-800 itu akhirnya harus diganti dan menunggu kiriman pesawat menuju ke San Pedro Sula, Honduras.

Padahal pesawat yang mengangkut 121 penumpang itu dijadwalkan berangkat dari Bandara Internasional Ramón Villeda Morales pada pukul 15.00 dan sampai di Miami pukul 18.15 petang. Insiden ini menyebabkan pesawat diberangkatkan pukul 22.45 dan tiba di Amerika Serikat pukul 1.50 dini hari, dilansir The Washington Post. 

Menurut juru bicara Keamanan Bandara Edgardo Barahona mengatakan, “Pelaku sudah dibebaskan lantaran tidak adanya tuntutan yang diajukan oleh pihak maskapai. Agresi terhadap pilot dan kru American Airlines ini bukan masalah serius.”

Di sisi lain, American Airlines akan tetap mengajukan tuntutan formal kepada pelaku, meskipun belum menunjukkannya kepada otoritas Honduras. “Kami akan tetap mengajukan tuntutan” ungkap Curtis Blessing, dikutip Associated Press.

3. Kasus kerusuhan dari penumpang pesawat naik di selama pandemik

Kasus penumpang berbuat rusuh di dalam pesawat milik maskapai penerbangan asal Amerika Serikat itu telah meningkat selama pandemik. Pasalnya, mayoritas pelanggaran yang dilakukan adalah keengganan penumpang menggunakan masker, penumpang mabuk dan kata-kata kasar dari penumpang.

Sepanjang tahun 2021, Federal Aviation Administration (FAA) sudah membuka investigasi terhadap lebih dari 1.000 kasus pelanggaran dari penumpang pesawat. Padahal, di tahun 2020 hanya terdapat 183 kasus dan 146 kasus di tahun 2019.

Beberapa minggu ini, maskapai Amerika Serikat juga diharuskan untuk membatalkan ratusan penerbangannya. Hal ini disebabkan kurangnya personel lantaran mayoritas terinfeksi COVID-19 di tengah naiknya kasus penularan, dilaporkan Mercopress.

Baca juga !