Thu. Dec 1st, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Perdospi Dukung Aturan bagi Pelaku Perjalanan Internasional yang Diterbitkan Pemerintah

1 min read
Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 8 tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Ketua Perdospi (Perhimpunan Dokter Spesialis Penerbangan Indonesia) Kolonel (Kes), DR. dr Wawan Mulyawan, SpBS, SpKP, AAK mendukung aturan ini.

“Bagus aturan ini. Siapapun (yang masuk Indonesia) harus menunjukkan kartu vaksin,” ujarnya, Jakarta, Senin (5/7/2021).

SE ini diterbitkan menyusul peningkatan persebaran Covid-19, sehingga diperlukan ketentuan khusus bagi pelaku perjalanan internasional yang masuk ke wilayah Indonesia untuk memproteksi Warga Negera Indonesia (WNI) dari imported case.

SE tersebut, salah satunya mengatur agar seluruh warga negara asing yang masuk ke Indonesia wajib menunjukkan kartu vaksin (fully vaccinated) dan hasil PCR negatif Covid-19 saat tiba di gerbang kedatangan internasional.

dr Wawan juga setuju, WNI yang baru datang dari luar negeri, bila belum mendapatkan vaksinasi, akan dilakukan vaksinasi saat sampai di Indonesia, setelah terbukti negatif Covid-19 dan menjalani karantina ketika masuk di Indonesia.

Saat ditanya, apakah aturan tersebut perlu tetap diberlakukan meski PPKM Darurat sudah berakhir, dr Wawan berpendapat hal tersebut sangat situasional.

“Aturan pelaksanaan seperti ini bisa berubah-ubah sesuai perkembangan kasus Covid-19 pada periode tertentu,” ujarnya.

 

Baca juga !