Thu. Dec 1st, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Petaka Apartemen Ambruk di Florida Tewaskan Belasan Nyawa

2 min read

Jakarta –

Sebuah apartemen bangunan 12 lantai di Surfside, sebuah kawasan dekat Miami, Florida, Amerika Serikat (AS) ambruk pada Kamis pekan lalu. Hingga saat ini korban tewas dilaporkan menjadi 12 orang.

Dilansir AFP, penyebab ambruknya gedung berusia 40 tahun di Florida itu belum diketahui secara jelas. Namun, otoritas setempat menyebut gedung 12 lantai itu sedang menjalani konstruksi atap dan perbaikan lainnya saat insiden terjadi pada Kamis (24/6) pekan lalu.

Sejauh ini jumlah kematian resmi sebanyak 12 orang. Jumlah korban jiwa diperkirakan akan meningkat seiring menyusutnya harapan untuk menemukan dengan selamat hampir 150 orang yang hilang.

Sejumlah keluarga korban mengaku frustrasi akan upaya pencarian, sebab mereka menganggap proses pencarian berjalan lamban. Sehingga semakin tipis harapan untuk menemukan korban selamat.

Namun demikian, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Miami-Dade, Alan Cominsky, menyatakan bahwa pihaknya masih memiliki harapan untuk menemukan korban selamat. Dia mengatakan prosesnya harus dilakukan secara perlahan dan metodis.

“Area puing-puing tersebar secara luas, dan itu rumit, sangat rumit,” tuturnya.

Joe Biden akan kunjungi lokasi

Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan mengunjungi lokasi runtuhnya gedung. Kunjungan ke Florida itu direncanakan pada akhir pekan ini.

Pengumuman rencana kunjungan Biden ke Florida itu disampaikan Gedung Putih pada Selasa (29/6) waktu setempat, saat para penyelamat terus melakukan pencarian korban di antara reruntuhan.

Gedung Putih menyebut Biden akan mengunjungi lokasi tersebut bersama Ibu Negara Jill Biden pada hari Kamis (1/7) waktu setempat. Biden ingin memastikan pejabat-pejabat negara bagian dan lokal memiliki semua yang mereka butuhkan untuk upaya penyelamatan.

“Mereka ingin berterima kasih kepada para penanggap pertama yang heroik, tim pencarian dan penyelamatan, dan semua orang yang telah bekerja tanpa lelah sepanjang waktu,” kata Sekretaris Pers Jen Psaki seperti diberitakan kantor berita AFP, Rabu (30/6/2021).

Psaki mengatakan, Biden dan Jill ingin “bertemu dengan keluarga yang terpaksa harus menanggung tragedi mengerikan ini, menunggu dalam kesedihan untuk kabar dari orang yang mereka cintai, untuk menawarkan penghiburan saat upaya pencarian dan penyelamatan berlanjut.”

Pihak berwenang menghadapi kemarahan yang meningkat dari teman dan keluarga korban yang menanti kabar mengenai mereka yang dikhawatirkan terperangkap di bawah reruntuhan yang berasap. Sebagian orang menganggap upaya pencarian berjalan lamban.

Wali Kota Miami-Dade County Daniella Levine Cava mengatakan bahwa “sangat disayangkan satu korban tambahan ditemukan,” sehingga meningkatkan jumlah korban jiwa menjadi 12 orang.

Para insinyur Israel dan Meksiko serta spesialis pencarian dan penyelamatan telah bergabung dengan pasukan pekerja Amerika di tempat kejadian. Mereka didukung oleh derek dan anjing pelacak.210 petugas lakukan evakuasi

“Saat ini ada 210 orang yang bekerja di lokasi tersebut. Tim pencarian dan penyelamatan perkotaan telah ditambah oleh tim dari seluruh negara bagian dan seluruh dunia,” kata Levine Cava.

 

Baca juga !