Tue. Nov 29th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Prancis Wajibkan Vaksinasi Covid Nakes, Ancam Denda

2 min read

Presiden Emmanuel Macron mewajibkan vaksinasi Covid-19 bagi para tenaga medis di Prancis dengan ancaman denda jika belum menerima suntikan hingga tenggat yang ditentukan. Media Prancis, France 24, melaporkan bahwa Macron menyatakan bahwa seluruh tenaga kesehatan di negaranya harus mengikuti program vaksinasi paling lambat pada 15 September. Jika tidak, mereka terancam denda. “Vaksinasi bukan hanya tanggung jawab pribadi, tapi juga masalah kebebasan kita,” ujar Macron saat mengumumkan keputusan tersebut, Senin (12/7) waktu setempat. Macron melontarkan pernyataan ini ketika tingkat vaksinasi di Prancis kian turun dalam beberapa waktu belakangan. Dari rata-rata 400 ribu suntikan sehari pada Mei lalu, kini hanya ada 165 vaksinasi per hari.

Namun, tak lama setelah Macron menyampaikan pidato ini, situs vaksinasi Covid-19 di Prancis, Doctolib.fr, mencetak rekor dengan 20 ribu pendaftaran setiap menit. Situs tersebut pun sempat tak bisa diakses karena terlalu banyak pendaftaran.     Hingga saat ini, sekitar 40 persen populasi di Prancis sudah menerima dua suntikan vaksin Covid-19, sementara 53,1 persen lainnya baru disuntik satu kali. Untuk menggenjot vaksinasi, Prancis akan menerapkan sistem “tiket Covid” bagi warga. Mulai Agustus, setiap orang yang ingin makan di restoran, ke pusat perbelanjaan, bioskop, atau festival, harus memiliki bukti vaksin atau hasil negatif tes Covid-19.
Namun, Prancis akan memungut bayaran bagi warga yang ingin ikut tes Covid-19, padahal sebelumnya gratis. Dengan demikian, Prancis ingin warganya lebih memilih untuk vaksinasi. “Negara ini menghadapi peningkatan kasus. Situasinya masih dalam kendali, tapi jika kita tidak bertindak sekarang, jumlah kasus akan meningkat secara signifikan yang memicu peningkatan jumlah yang dirawat di rumah sakit,” tutur Macron, sebagaimana dilansir AFP. Macron kembali menggencarkan vaksinasi setelah para ahli mewanti-wanti pemerintah bahwa setidaknya 95 persen warga harus divaksinasi agar dapat menangkal varian Delta yang sudah mendominasi setengah kasus Covid di negara itu. “Kita harus memvaksinasi semua orang di Prancis karena hanya itu cara untuk menuju jalan hidup normal yang baru,” ucap Macron.

Baca juga !