Wed. Dec 7th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Presiden Polandia dan Negara Baltik Berkunjung ke Kiev

1 min read

KIEV — Para pemimpin Polandia, Lithuania, Latvia, dan Estonia tiba di ibu kota Ukraina, Kiev pada Rabu (13/4/2022) untuk bertemu Presiden Volodymyr Zelenskyy.

Presiden Polandia Andrzej Duda, Presiden Lithuania Gitanas Nauseda, Presiden Latvia Egils Levits, dan Presiden Estonia Alar Karis disambut oleh Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal.

Sebelumnya pada Rabu, Presiden Estonia Karis mengatakan di Twitter, presiden dari empat negara sedang dalam perjalanan ke Kiev, “sebuah kota yang sangat menderita akibat perang Rusia sejak kunjungan terakhir saya,” dengan foto para pemimpin di luar kereta.

“Bersama dengan Presiden Andrzej Duda, Gitanas Nauseda, Egils Levits, kami mengunjungi Ukraina untuk menunjukkan dukungan kuat kepada rakyat Ukraina, akan bertemu teman baik Presiden Volodymyr Zelenskyy,” tambah dia.

Rusia memulai “operasi militer khusus” di Ukraina pada 24 Februari untuk “denazifikasi dan demiliterisasi” Ukraina. Negara-negara Barat menentang dengan amarah besar, menjatuhkan sanksi keuangan yang berat pada Moskow.

Sejumlah pemimpin termasuk Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson telah bertemu Zelenskyy sejak pengumuman Rusia untuk mengurangi kegiatan militernya terhadap kota Ukraina; Kyiv dan Chernihiv.

Keputusan itu diumumkan setelah pembicaraan damai antara Moskow dan Kyiv di Istanbul akhir bulan lalu. Negosiator Ukraina, sementara itu, mengatakan mereka dapat menyetujui status netral, salah satu tuntutan utama Rusia, tetapi mencari jaminan internasional untuk keamanannya.

Baca juga !