Sun. Oct 2nd, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Review Galaxy Buds Pro, Earphone TWS Terbaik Samsung

3 min read

Jakarta –

Saat memperkenalkan Galaxy S21 series, Samsung turut merilis Galaxy Buds Pro. Ini adalah perangkat earphone true wireless stereo (TWS) terbaik yang pernah dihadirkan raksasa teknologi Korea Selatan itu.

detikINET menggunakan Galaxy Buds Pro dalam beberapa pekan. TWS ini begitu memuaskan, tidak saja karena kualitas suaranya yang memanjakan telinga, fitur yang dibawa menambah nilai keunggulannya.

Untuk lengkapnya berikut ulasan singkat Samsung Galaxy Buds Pro.

Desain

Galaxy Buds Pro punya bentuk yang berbeda dari Galaxy Buds Live yang sempat jadi pembicaraan karena desainnya mirip kacang. Sedikit kesamaan hanya pada permukaan luar yang dibuat mengkilap, serta case yang berbentuk kotak kecil yang mudah dimasukkan dalam saku.

Samsung membuat permukaan case dengan sentuhan matte, sehingga nyaman saat berada dalam genggaman tangan. Ada tiga pilihan warna yang disediakan, selain warna hitam yang direview detikINET, ada Phantom Violet dan Silver.

Galaxy Buds ProGalaxy Buds Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Earbuds punya body tebal, meski begitu terpasang pas dalam telinga dan tak mudah lepas saat bergerak. Samsung menyediakan eartips dengan tiga ukuran berbeda sehingga dapat disesuaikan dengan lubang telinga.

Permukaan earbuds yang glossy diberikan sensor sentuhan. Pengguna bisa memfungsikan untuk mengontrol active noise cancelling (ANC), asisten digital, menaikturunkan volume dan mengatur track Spotify.

Menggunakan Galaxy Buds Pro dalam waktu lama tetap nyaman. TWS ini sudah mengantongi IPX7, jadi tidak perlu khawatir terkena keringatan atau hujan saat bepergian.

Koneksi

Menghubungkan Galaxy Buds Pro ke ponsel Samsung sangat gampang. Ketika membuka tutupnya akan muncul pop-up permintaan untuk menghubungkan perangkat .

Galaxy Buds Pro juga mudah terhubung dengan mudah dengan laptop Windows 10 dan macOS dengan Bluetooth. Demikian pula iPhone, namun sayangnya Samsung belum menyediakan opsi Galaxy Buds Pro pada aplikasi iOS sehingga pengguna tidak dapat melakukan pengaturan.

Galaxy Buds ProGalaxy Buds Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Fitur

Banyak fitur yang diberikan Samsung pada Galaxy Buds Pro, namun ANC paling utamannya. Fitur tersebut mampu meredam suara bising kendaraan ataupun gemuruh hujan dengan cukup baik.

Pengguna dimungkinkan untuk mengatur kuat lemahnya peredaman, tapi kami tidak merasakan perbedaan signifikan. Menariknya ada fitur voice detect, ketika dinyalakan secara otomatis mengecilkan suara musik dan mengaktifkan suara sekitar saat mendeteksi suara pengguna.

Galaxy Buds ProGalaxy Buds Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Hanya saja memang ada sedikit jeda dan butuh beberapa saat untuk musik kembali. Pun begitu fitur ini sangat berguna kala kita tengah bicara dengan rekan atau saat memesan makanan di kafe. Jadi tidak perlu melepas earbuds atau menekan tombol pause di ponsel.

Fitur lain yang tidak kalah menarik adalah Audio 3D. Ini adalah jawaban Samsung dari fitur Audio Spatial di Apple AirPods Pro. Saat menggunakan memang tidak kalah kemampuannya dengan eraphone besutan Apple itu.

Audio 3D di Galaxy Buds Pro benar-benar memberikan sensasi tata suara saat nonton di bioskop. Kemana kepala menoleh, suara seolah tetap datang dari depan. Efek surround-nya pun bikin film yang ditonton jadi lebih hidup.

Samsung turut membekali fitur Find My Earbuds yang memungkinkan pengguna melihat titik terakhir posisi Galaxy Buds Pro, bahkan saat offline dan terputus dari Bluetooth. Memudahkan dalam menemukan earphone ini bila terselip, terjatuh ataupun bila dicuri.Kualitas Audio

Kualitas audio yang disajikan Galaxy Buds Pro begitu bagus. Tweeter 11 mm dan woofer 6,5 mm menyuguhkan suara yang seimbang, tidak condong ke treble ataupun bass.

TWS ini seolah dapat menyesuaikan dengan baik berbagai jenis lagu yang diputar. Alhasil lagu Pamungkas berjudul To The Bone dan Rose bertajuk On The Ground begitu memuaskan didengar.

Galaxy Buds ProGalaxy Buds Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Galaxy Buds Pro juga bisa diandalkan saat bermain game. Berkat adanya mode game, kami tidak menemukan adanya delay antara suara dengan aksi di layar.

Kami sempat memakai earphone ini untuk panggilan video WhatsApp, Zoom maupun Meet lewat desktop maupun ponsel. Suara yang didengar lawan bicara jelas tanpa harus mengulang-ulang perkataan.

Baterai

Galaxy Buds ProGalaxy Buds Pro punya port USB Type C di bagian belakang. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Samsung mengklaim Galaxy Buds Pro mampu bertahan hingga 5 jam pemakaian dengan ANC. Saat digunakan earphone ini hanya bisa bertahan sampai 4 jam 20 menit.

Casenya sendiri disebutkan mampu menyuplai hingga 13 jam penggunaan saat ANC diaktifkan. Atau bila dinonaktifkan memberikan tambahan waktu hingga 20 jam. Pengalaman kami sendiri bisa mengisi hingga 3 kali erabuds hingga penuh.

Samsung turut memberikan fitur pengisian cepat. Hanya 5 menit bisa untuk menggunakan Galaxy Buds Pro sejam penggunaan.

Opini detikINET

Tak salah melabeli Galaxy Buds Pro menjadi TWS terbaik Samsung hingga saat ini. Fitur yang dimiliki lengkap, kualitas suaranya pun memuaskan telinga.

Tapi ada sedikit catatan, earphone yang dibanderol Rp 3 juta ini tidak mendukung Google Assistant. Selain itu belum tersedia pengaturan dalam aplikasi Buds di iOS, sehingga fiturnya belum maksimal digunakan di iPhone.