Tue. Dec 6th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Risma Datangi Erosaman Papua, Warga Tagih Janjinya: Ibu Janji Kasih 3 Fiber, Baru Dapat 1…

2 min read
Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kampung Erosaman, Distrik Derkoumur, Kabupaten Asmat, Papua, Kamis (24/3/2022).

Dalam kunjungannya, sejumlah warga menyampaikan aspirasinya terkait janji Mantan Wali Kota Surabaya ke warga setempat pada kunjungan sebelumnya.

“Ada yang mau disampaikan lagi ke saya?” kata menteri yang akrab disapa Risma itu saat berdialog dengan warga Kampung Erosaman.

“Ada ibu, karena di Kampung Erosaman ini, hanya tiba satu fiber (kapal pencari ikan) saja. Apa benar kah?” imbuh seorang warga.

Kepala Kampung Erosaman Samuel Asagome mengatakan bahwa dalam kunjungan sebelumnya Risma sempat menjanjikan untuk memberikan warga 3 buah kapal.

Namun, sampai saat ini yang baru tiba di lokasi hanya 1 kapal.

“Ibu (Risma) kan janji di sini kepada masyarakat Erosaman bahwa ibu akan (bilang), ‘saya akan kasih fiber 3’. Janji sama masyarakat Kampung Erosaman. Ternyata gagal baru dapat 1. Itu yang masukan masyarakat kepada ibu,” ujar Samuel.

Merespons itu, Risma langsung mengarahkan Direktur Pengelolaan Sumber Dana Bantuan Sosial (PSDBS) Kemensos Salahuddin Yahya dan Sekretaris Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin Beni Sujanto, serta kepala dinas setempat untuk segera membeli dan memproses dua kapal lainnya.

Ia juga meminta masyarakat setempat sabar menunggu karena proses pembuatan kapal tidak cepat.

“Belum. Bikinnya 2 bulan. Ini lagi dibikin. Sabar ya. Bapak kepala dinas. Nanti pak kepala dinas saya belikan di (Kota) Agats. Pak Yahya selesaikan ya, Pak Beni bantu,” tegasnya.

Selanjutnya, warga lain yang berasal dari Kampung Yamkap, Distrik Derkoumur juga mengutarakan permintaan yang sama.

“Warga Kampung Yamkap. Kami minta perahu Fiber 2,” ungkap warga tersebut.

Risma kemudian menanyakan total jumlah distrik yang ada di bawah wilayah administratif Distrik Derkoumur kepada Bupati Asmat.

Risma pun memutuskan untuk mengirimkan masing-masing 2 kapal untuk setiap distrik yang ada di wilayah Derkoumur.

“Oke, 2 (kapal) kali 6 (distrik), 12 (kapal) oke,” ujar Risma.

Adapun Risma melakukan kunjungan kerja ke sejumlah wilayah Papua, di antaranya Kabupaten Asmat, Kabupaten Sarmi, dan Kota Jayapura.

Kunjungan Risma dilakukan dalam rangka menyerahkan dan mengecek bantuan yang diberikan guna memberdayakan masyarakat setempat.

Di wilayah Kampung Erosaman, Kabupaten Asmat, Mensos menyalurkan berupa budidaya pertanian, budidaya perikanan tangkap, serta fasilitas penjernih air atau water treatment.

Baca juga !