Thu. Dec 8th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Rusia akan Hentikan Pertempuran di Pabrik Baja Azovstal untuk Evakuasi Warga Sipil Selama 3 Hari

1 min read

Rusia mengatakan akan menghentikan pertempuran di pabrik baja Azovstal, Mariupol.

Dikutip Al Jazeera, pemerintah berencana mengevakuasi warga sipil selama tiga hari, mulai Kamis (5/5/2022) hingga Sabtu (7/5/2022).

“Angkatan bersenjata Rusia akan membuka koridor kemanusiaan dari wilayah pabrik metalurgi Azovstal untuk mengevakuasi warga sipil mulai pukul 08.00 pagi hingga 18.00 sore (waktu Moskow),” kata Kementerian Pertahanan, seperti dikutip The Guardian.

Sebelumnya, Al Jazeera melaporkan, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky meminta bantuan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres untuk mengevakuasi orang-orang yang terperangkap di pabrik baja Azovstal.

“Nyawa orang-orang yang tinggal di sana dalam bahaya. Setiap orang penting bagi kami.”

“Kami meminta bantuan Anda untuk menyelamatkan mereka,” kata Zelensky dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan kantornya.

Dalam sebuah pidato, Zelensky juga mengonfirmasi, sedikitnya 344 orang telah diselamatkan dari Kota Mariupol yang terkepung dalam operasi evakuasi kedua.

Asap mengepul dari halaman pabrik baja Azovstal di kota Mariupol pada 29 April 2022, di tengah aksi militer Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina. (Andrey BORODULIN / AFP)

Pertempuran berdarah melawan pasukan Rusia

Pasukan Ukraina sedang berperang “pertempuran berdarah yang sulit” melawan pasukan Rusia di dalam pabrik baja Azovstal di Mariupol.

Demikian laporan dari Reuters mengutip pesan video Telegram dari komandan batalion Azov.

Seorang pejabat Ukraina mengatakan pada Rabu (4/5/2022), pasukan Rusia memasuki pabrik baja di mana perlawanan terakhir kota itu bertahan tetapi kontak tetap ada dengan para pembela.

Baca juga !