Mon. Dec 5th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Rute KRL Berubah: Stasiun Manggarai Padat, Komuter Bersambat

2 min read

 Jakarta – Laki-laki berkemeja putih itu tampak jongkok di Peron 7 Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Dia tengah sibuk memelototi rute kereta rel listrik (KRL) Jabodetabek di layar handphone-nya sembari menunggu kereta datang.

“Dari sini nunggu lama banget nih satu jam,” kata salah satu komuter, Ahmad Bahari, saat ditemui Tempo, Sabtu, 28 Mei 2022.

Ahmad berangkat dari Stasiun Depok sambil berdesak-desakan dengan penumpang KRL lain. Dia mau berangkat menuju rumah tantenya dan harus turun di Stasiun Klender.

Kereta jalur Bogor mulai hari ini hanya melayani penumpang langsung ke Jakarta Kota. Penumpang yang ingin ke jalur lain, seperti Stasiun Klender/Bekasi atau Tanah Abang dan Angke harus berpindah kereta alias transit di Stasiun Manggarai.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan perubahan pola operasi perjalanan KRL Jabodetabek mulai hari ini. Perubahan perjalanan terjadi pada lintas Cikarang/Bekasi dan lintas Bogor/Depok/Nambo serta pola transit pengguna KRL di Stasiun Manggarai.

Menurut Ahmad, penumpang bakal merasakan desak-desakan dan lama menunggu kedatangan kereta jika pola operasional KRL Jabodetabek tak diubah. Dia merasa kasihan kepada penumpang yang harus mengalami hal tersebut, apalagi di masa pandemi Covid-19.

“Di dalam gerbongnya desak-desakan, kan katanya Covid-19. Jadi serba salah juga, enggak ngefek jadinya,” ujar laki-laki 25 tahun itu.

Komuter lainnya, Wili, juga tak terima dengan perubahan pola operasi perjalanan KRL Jabodetabek. Tiba-tiba Wili menghampiri petugas yang berdiri di samping Tempo dan mengeluhkan penumpukan penumpang di Stasiun Manggarai siang ini.

“Waduh gila aja, di Stasiun Sudirman kosong melompong, tapi di sini numpuk,” ujar dia saat ditanya Tempo.

Wili datang ke Stasiun Manggarai untuk menjemput saudaranya yang berangkat dari Stasiun Jatinegara. Saudaranya itu semula ingin turun di Stasiun Sudirman, tapi batal, karena kondisi stasiun yang dianggap tak kondusif.

Saudara Wili yang awalnya mengira bisa langsung menuju Sudirman melalui KRL rute Jatinegara-Angke ternyata harus transit di Stasiun Manggarai.

“Kalau mau ke Sudirman bayangin hanya satu stasiun aja dia harus turun ke bawah, Peron 6, antre lagi. Kondisinya seperti ini tidak worth it,” terang dia.

Baca juga !