Sun. Dec 4th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Saat Terminal Bayangan Masih Jadi Primadona Sejumlah Penumpang meski Terminal Resmi Sudah Bersolek…

2 min read

Terminal tidak resmi atau biasa disebut terminal bayangan diduga masih diminati warga untuk menumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP).

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat Erwansyah mengatakan, bus-bus yang beroperasi di terminal bayangan memiliki pelanggannya tetap.

“Bus di terminal bayangan rata-rata juga sudah punya penumpang tetap. Mereka punya pelanggannya sendiri, karena masyarakat itu biasanya kalau suka satu PO, bakal naik itu terus,” kata Erwansyah saat dihubungi wartawan, Selasa (19/4/2022).

Padahal, menurut dia, naik bus dari terminal bayangan cukup merugikan penumpang. Selain bus belum tentu layak beroperasi, harga tiket di terminal bayangan juga bisa naik dan turun tanpa terpantau pemerintah.

Menurutnya, alasan penumpang lebih memilih terminal bayangan dibandingkan terminal resmi adalah karena lokasi terminal bayangan yang dinilai lebih dekat dari rumah.

“Penumpang kan rata-rata mau yang praktis saja, cari yang dekat dari rumah. Masyarakat mau yang dekat dari rumah, makanya memilih terminal bayangan,” kata Erwansyah.

Selain itu, Erwansyah juga menyoroti tingkat kepercayaan masyarakat kepada citra terminal resmi.

“Dahulu terminal citranya itu kurang bagus. Misalkan banyak calo, fasilitas juga ada yang masih kurang bagus seperti toilet dan ruang tunggu. Meskipun saat ini sudah berbenah menjadi lebih baik, namun citra di masyatakat masih melekat,” ujar Erwansyah.

Padahal, lanjut dia, pemerintah dan pengelola terminal sudah sejak lama berbenah dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan untuk penumpang di terminal resmi.

“Sekarang sudah berbenah. Sekarang calo sudah tidak ada, tarik-menarik juga tidak ada. Fasilitas juga semakin baik, semakin nyaman. Memang harus pelan-pelan kita benahi bersama,” kata Erwansyah.

Terminal resmi berbenah

Salah satu terminal resmi di kawasan Jakarta Barat yaitu Terminal Kalideres.

Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen juga menyoroti masyarakat yang masih gemar naik bus dari terminal bayangan.

“Kami mengimbau masyarakat untuk menumpang bus dari terminal resmi demi keselamatan dan keamanan penumpang,” kata Revi saat dihubungi terpisah, Selasa.

Revi mengatakan, terminal-terminal resmi saat ini terus berbenah untuk memastikan keamanan dan kenyamanan calon penumpang.

Di Terminal Kalideres misalnya, fasilitas ruang tunggu semakin dibuat nyaman dengan menyediakan fasilitas toilet, tempat makan, mushola, hingga fasilitas kesehatan.

“Selama masa angkutan Lebaran, kami menyediakan fasilitas kesehatan seperti pemeriksaan kesehatan pengemudi, penumpang, layanan tes antigen, hingga tempat vaksinasi Covid-19,” jelas Revi.

Selain itu, Revi juga memastikan bahwa setiap bus yamg beroperasi di Terminal Kalideres sudah diuji kelayakannya.

“Sejak awal Ramadhan kami lakukam ramp check pada 30 armada setiap harinya. Mulai 25 April 2022, pengecekan akan dilakukan selama 24 jam guna memastikan kelayakan operasional bus,” jelas Revi.

Baca juga !