Sat. Dec 10th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Satelit Tangkap Foto Sisi Malam Venus, Ungkap Misteri Cahaya Kelabu

2 min read

JAKARTA — Satelit Parker Solar Probe milik Badan Antariksa Amerika (NASA) yang diluncurkan pada 2018 berhasil menangkap gambar sisi malam planet Venus.

Parker Solar Probe menggunakan serangkaian tujuh flybys bantuan gravitasi Venus untuk secara bertahap berputar lebih dekat ke Matahari. Kamera Widefield pesawat ruang angkasa, dijuluki WISPR, dirancang untuk mengambil gambar dari jangkauan terluar atmosfer Matahari dan angin matahari dalam cahaya tampak.

Namun ketika berbalik ke arah Venus, WISPR mengungkapkan beberapa hasil yang tidak terduga. Gambar cahaya yang terlihat dari sisi malam planet yang ditangkap selama terbang lintas ketiga dan keempat mengejutkan tim misi. Gambar-gambar ini berisi petunjuk menggiurkan yang dapat membantu memecahkan salah satu misteri observasional astronomi tertua dan paling abadi.

Bagi pengamat teleskopik, mencari pemandangan Venus bukan hal yang mudah. Sebab, awan dan selubung kabut yang tak terputus menyembunyikan permukaan planet dari pengamatan.

Namun, selama awal 1980-an, para astronom menemukan bahwa selubung ini sebagian transparan pada panjang gelombang yang tidak terlihat oleh mata manusia, di wilayah spektrum inframerah-dekat.

Pada 800 hingga 1.100 nanometer, dimungkinkan untuk membayangkan permukaan sisi malam planet, yang berada pada suhu seperti tungku 460 derajat Celcius dan bersinar seperti sepotong besi yang ditarik dari bengkel pandai besi.

Pada panjang gelombang inframerah-dekat ini, sisi malam Venus memiliki penampilan belang-belang yang kira-kira sesuai dengan topografi permukaan yang dipetakan pesawat ruang angkasa Magellan NASA pada awal 1990-an menggunakan radar untuk menembus awan tebal. Dataran tinggi yang sedikit lebih dingin tampak lebih gelap daripada dataran rendah di sekitarnya.

photo

Foto planet Venus yang diambil dengan kamera WISPR dari satelit Parker Solar Probe.

Dilansir dari Sky and Telescope, Rabu (23/2/2022), pada tahun 2006 Frederick Taylor (Oxford University, UK) berspekulasi bahwa awan dan kabut mungkin juga tembus cahaya di wilayah spektrum yang terlihat. Memang, itulah yang diungkapkan oleh gambar Parker Solar Probe, yaitu gambar cahaya tampak WISPR dari sisi malam planet terlihat seperti versi gambar inframerah-dekat yang sedikit kabur dan dikurangi kontrasnya.