Tue. Dec 6th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Selain Bitcoin, Ukraina Juga Terima Sumbangan NTF untuk Biayai Pasukan Militer, Cek Harga Kripo Hari Ini

2 min read

Pasar aset kripto terlihat berkabut pada hari ini, Jumat (4/3/2022) berbeda dengan kemarin yang tampak cerah. Melansir Coinmarketcap pagi ini 10 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar bergerak di zona merah dalam 24 jam terakhir.

Nilai mata uang kripto paling suram pagi ini, adalah Solana (SOL) yang ambles 5,12 persen di posisi 95,7 dollar AS. Kemudian Etherum (ETH) yang juga terjun 4,4 persen menjadi 2.833 dollar AS, dan Polkadot (DOT) yang terkoreksi 4,05 persen di posisi 17,9 dollar AS.

Pelemahan dilanjutkan oleh Cardano (ADA) yang terkoreksi 3,9 persen di posisi 0,9 dollar AS, selanjutnya Bitcoin (BTC) yang ambles 3,7 persen di posisi 42.464 dollar AS, dan Dogecoin (DOGE) yang terkoreksi 2,9 persen di posisi 0,2 dollar AS.

Terra (LUNA) juga ikutan melemah dengan penurunan 1,8 persen di level 90,3 dollar AS. Sementara itu, Binance Exchange (BNB) turun 1,6 persen menjadi 402,3 dollar AS.

Pagi ini Tether (USDT) turun 0,04 persen di posisi 1 dollar AS, demikian juga dengan USD Coin (USDC) yang terkoreksi 0,01 persen di posisi 0,9 dollar AS.

Sebagai informasi USDT dan USDC merupakan mata uang kripto golongan stable coin atau jenis mata uang kripto yang dibuat untuk menawarkan harga yang stabil terhadap dollar AS.

Sentimen perang Rusia-Ukraina

Pergerakan aset kripto masih dibayangi sentimen perang antara Rusia dan Ukraina. Berdasarkan akun Twitter milik pemerintah Ukraina, Ukraina mulai meminta sumbangan aset kripto untuk pertama kalinya.

Langkah itu dilakukan setelah bank sentral negara itu menindak transfer uang digital sehubungan dengan deklarasi darurat militer secara nasional. Cryptocurrency seperti bitcoin telah menjadi lebih populer karena memungkinkan pengguna untuk melewati lembaga keuangan yang mungkin memblokir pembayaran ke Ukraina.

Elliptic mengatakan, alamat Bitcoin, Ethereum, Tron, Polkadot, Dogecoin, dan Solana yang tercantum dalam tweet telah menerima lebih dari 96.000 sumbangan cryptocurrency, dengan nilai total 46,7 juta dollar AS langsung ke pemerintah.

“Cryptocurrency sangat cocok untuk penggalangan dana internasional karena tidak menghormati batas-batas nasional dan tahan sensor, atau tidak ada otoritas pusat yang dapat memblokir transaksi, misalnya dalam menanggapi sanksi,” kata kepala ilmuwan Elliptic, Tom Robinson.

 

Sumbangan NFT

Tak hanya itu, sumbangan token yang tidak dapat dipertukarkan atau non fungible token (NFT) juga meningkat saat perang Rusia-Ukraina.

Diketahui, satu NTF CryptoPunk senilai lebih dari 200.000 dollar AS dikirim ke akun ethereum pemerintah Ukraina. Elliptic mengatakan, transaksi tersebut bernilai 1,86 juta dollar AS. Awalnya, NTF ini dimaksudkan untuk mengumpulkan dana bagi pendiri Wikileaks Julian Assange.

Sementara itu, UkraineDAO telah melelang sebuah NFT dari bendera Ukraina seharga 6,5 juta dollar AS dalam bentuk ether, yang menjadikannya salah satu NFT termahal yang pernah dijual. Elliptic mengatakan, hasilnya akan disumbangkan untuk Come Back Alive.

Baca juga !