Mon. Dec 5th, 2022

Nagabola.net

Informasi Seputar Berita Sepak Bola Terlengkap dan Terupdate Setiap Hari

Singapura Akan Impor Ayam dari Indonesia Setelah Disetop Malaysia

2 min read

Jakarta – Badan Pangan Singapura (SFA) sedang mempertimbangkan untuk mengimpor ayam dari Indonesia menyusul larangan ekspor dari Malaysia. Dilansir dari Mothership.sg yang mengutip The Straits Times, Singapura sedang bekerja dengan pihak berwenang Indonesia untuk menentukan apakah dapat diakreditasi sebagai sumber potensial ayam

Indonesia mengekspor sekitar 50.000 telur asin ke Singapura setiap bulan. Namun Indonesia tidak pernah menjual ayam ke Singapura. Tim Badan Pangan Singfapura saat ini berada di Indonesia untuk memeriksa beberapa peternakan, rumah potong hewan dan fasilitas pengolahan. SFA antara lain mengunjungi wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Mulai 1 Juni 2022, Malaysia menyetop ekspor ayam ke Singapura. Larangan ekspor produk ayam ke Singapura tidak hanya mencakup unggas hidup tetapi juga ayam utuh, serta daging dingin dan beku. Singapura telah mendatangkan lebih banyak pasokan ayam dari Australia dan Thailand, serta ayam beku dari Brasil dan Amerika Serikat.

Pada 3 Juni, CS Tay, distributor makanan lokal, mengatakan bahwa telah mendapatkan kesepakatan untuk membawa 10 kali lipat pasokan ayam dari Thailand, hingga 75.000 bungkus bagian ayam beku per minggu. Pada 14 Juni, Kee Song, sebuah perusahaan pemasok ayam bersertifikat di Singapura, mengumumkan bahwa larangan Malaysia terhadap ayam kampung dan ayam hitam hidup telah dicabut.

Malaysia telah mencabut sebagian larangan ekspor ayam, yang memungkinkan produsen dan importir unggas di Singapura untuk membawa ayam kampung hidup. Seperti dilansir Channel NewsAsia, pihak berwenang Malaysia mengizinkan perusahaan Singapura untuk melanjutkan impor ayam kampung hidup mulai 14 Juni 2022. Singapura juga akan mulai mendatangkan ayam hitam dari Malaysia.

Larangan ekspor ayam oleh Malaysia dilakukan untuk menstabilkan produksi dan harga di dalam negeri. Singapura, yang mengimpor sekitar sepertiga pasokan ayam dari Malaysia, mengalami penurunan tajam dalam pasokan ayam segar dalam dua pertama pertama bulan ini.

Baca juga !