Thu. Sep 29th, 2022

NagaBola.net

informasi Berita Bola 24 Jam

Sluurp! Menikmati Segarnya Pindang Serani Khas Jepara di Tepi Pantai

2 min read

Jakarta –

Berkunjung di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah kurang pas jika belum mencicipi kuliner pindang serani. Apalagi menikmati segarnya pindang serani di tepi pantai.

Jepara tidak melulu dengan keindahan wisatanya. Namun juga terdapat kuliner yang cocok dinikmati. Karena terletak di tepi pantai, banyak kuliner seafood yang terkenal sedap di sana.

Pengunjung bisa menikmati pindang serani di objek wisata Pantai Blebak Desa Sekuro Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. Di tempat itu pengunjung bisa mencicipi kelezatan pindang serani.

Pindang serani adalah makanan khas dari Jepara berupa sup ikan laut. Rasa pindang serani identik dengan perpaduan pedas, asam, dan sedikit manis. Sangat menyegarkan dan cocok dinikmati di tepi pantai.

 

Pindang Serani khas Jepara,  Jawa Tengah.Pindang Serani khas Jepara, Jawa Tengah. Foto: detikFood/Dian Utoro Aji

Salah satu pengunjung Wulandari bersama teman-temannya sengaja datang ke Jepara untuk menikmati kuliner khas kota ukir. Dia pun mencoba makanan pindang serani.Sajian pindang serani begitu menggoda. Berupa potongan ikan laut dengan kuah bening kemerahan. Ada potongan tomat merah dan ikan laut di dalamnya. Disajikan dengan sambal kecap, sambal terasi, lalap kol segar dan nasi putih.

Menurutnya rasa pindang serani terasa lezat, pedas dan manis. Bedanya kata dia, pindang serani terdapat kuah segar yang pas untuk menyantap nasi.

Pindang Serani khas Jepara,  Jawa Tengah.Pindang Serani khas Jepara, Jawa Tengah. Foto: detikFood/Dian Utoro Aji

“Rasanya lezat, pedasnya mantab. Ini beda, baru pertama kali mencicipi pindang serani,” kata Wulandari pengunjung asal Semarang ditemui di lokasi, Sabtu (22/5/2021) sore.

Secara terpisah Kepala Desa Sekuro Ali Shokib mengatakan salah satu kuliner yang tidak ketinggalan adalah pindang serani. Makanan khas Jepara itu cocok dinikmati bersama keluarga di tepi pantai.

“Salah satu makanan yang perlu dicicipi adalah pindang serani. Khas sini pindang serani khas Jepara,” jelas Shokib ditemui di lokasi hari yang sama.

“Pindang serani sebenarnya masakan hanya sekedar, ikan dikasih bumbu, cuman bedanya pindang serani bumbunya ada satu kuah. Pindang serani pakai kuah, di situ ada sayur-mayur. Berbeda dengan lainnya,” ungkapnya.Menurutnya pindang serani berbeda dengan menu pindang lainnya. Apalagi pindang serani merupakan sajian pindang serani dengan sup dan ikan laut. Hal itu pun terasa ringan dan segar.

Pindang Serani khas Jepara,  Jawa Tengah.Pindang Serani khas Jepara, Jawa Tengah. Foto: detikFood/Dian Utoro Aji

Shokib mengatakan makanan pindang serani bisa dinikmati di Pantai Blebak Desa Sekuro. Harganya bervariasi, mulai dari Rp 25 ribu sampai dengan Rp 40 ribu.

Menurutnya selain bisa menikmati kuliner pengunjung juga bisa berwisata. Menurutnya di Desa Sekuro terdapat banyak obyek wisata. Di antaranya Pantai Blebak, wisata hutan mangrove, dan terdapat destinasi hotel di tepi pantai.

“Di sini ada tiga destinasi wisata, pertama ada Pantai Blebak, Glagah Wangi, dan Watu Gedhe, dan hotel juga destinasi wisata,” jelasnya.

Shokib mengatakan pengunjung masih banyak meski tengah pandemi virus Corona. Pembatasan jumlah pengunjung pun diperlakukan guna mencegah penyebaran virus Corona. Pengunjung dikenai tarif parkir Rp 5 ribu untuk bisa menikmati keindahan Pantai Blebak Jepara.

“Masa pandemi tidak menurun, alhamdulillah meningkat tapi ada batasan. Kemarin sesuai surat edaran kita tekan 30-40 persen sesuai itu,” ungkap Shokib.

“Maaf pengunjung, pokdarwis prokes yang tegas kita juga kesulitan sekali. Kita selalu ingatkan prokes,” tandas dia.

Baca juga !